Beauty Talk,  Cosmetics Review (Import),  Cosmetics Review (Local)

Tony Moly Mengandung Rhodamin B ?

Hayo siapa yang galau setelah berita itu muncul ? Yap beberapa minggu yang lalu emang sempet rame kalo lip tint Tony Moly mengandung bahan pewarna tekstil, Rhodamin B. Bebarengan dengan itu, beberapa produk lokal juga sempat terkena isu kaya gitu, salah satunya Viva Cosmetics yang katanya mengandung Merkuri. Wow I’m so surprised , that time. Masalahnya gue juga pake kan.

Tapi setelah dipikir-pikir, berita kaya gitu pasti cuma hoax. Sebelum bahas Tony Moly, kita mulai dulu dari Viva deh ya. Soalnya, ga mungkin kan brand se-legend Viva Cosmetics melakukan kesalahan bodoh semacam memasukkan bahan-bahan berbahaya ke dalam produknya. Ga mungkin banget. Lagipula udah ada label MUI nya lo. Beberapa minggu setelah isu itu kesebar, Viva akhirnya bisa membuktikan kalo berita itu bener-bener hoax.

Duh, sebenernya apa sih motivasi mereka yang nyebarin isu ini ? Gatel banget deh tangannya *wk

Klarifikasi Viva Cosmetics

Nah, masuk ke produk must have gue, Tony Moly Delight Lip Tint. Siapa sih yang ga kenal sama produk fenomenal ini. Kalo udah ngomongin “lip tint”, pasti yang terlintas di benak banyak orang adalah merk Tony Moly. Tapi beda kaya Viva, Tony Moly belum mengeluarkan pernyataan apapun atas munculnya berita itu. Ya, mungkin karena dia brand Korea Selatan kali ya..jadi pihaknya ga tau kalo ada isu ini. Dan kayaknya ga bakal ngaruh ke penjualan mereka karena produk ini udah menyebar ke banyak negara. Indonesia cuma salah satunya aja. Lagipula di Korea pun ga ada yang mempermasalahkan lip tint Tony Moly ini.

Tapi sejak Viva ngeluarin klarifikasinya, gue mah semakin bodo amat sama isu itu. Kenapa ?

  1. Pas gue tanya sama temen gue yang lulusan Teknologi Pangan UB, dia bilang kalo sebenernya Rhodamin B ga punya dampak yang cukup signifikan jika ngga dikonsumsi (masuk ke dalam tubuh). Selama ini Rhodamin B dicap sebagai bahan berbahaya, karena ada yang menyalahgunakannya di produk makanan.
  2. Korea Selatan punya “BPOM” yang jauh lebih ketat. Gue masih inget, dulu pernah ngobrol sama salah satu pengusaha makanan, dia bilang kalo Korea itu negara yang paling susah ditembus karena punya badan pengawas makanan dan obat yang super duper straight. Jadi pas itu dia pernah rugi hampir Rp 100 juta karena barangnya dianggap ga sesuai sama standart Korea, padahal pas diuji di Indonesia baik-baik aja. Jadi barangnya harus dimusnahkan dan menelan biaya hampir puluhan juta. Wow. That’s why gue mikirnya ga mungkin Korea seceroboh itu. Yah, meski sebelumnya pernah ada kasus 11 produk kosmetik berbahaya di Korea. Tapi kan waktu itu Korea langsung mengkonfirmasi dan menarik semua produknya. Nah, yang Tony Moly ini adem ayem aja. Di negara-negara lain juga ga dibahas sama sekali. So I think it’s safe.
  3. Kemungkinan besar, yang diuji sama mahasiswa-mahasiswa itu adalah produk Tony Moly palsu atau KW. We know lah ya, kalo di Indonesia itu banyak banget produk-produk palsu. Kebetulan pas gue beli Tony Moly, si mbak-mbaknya nawarin yang KW ato yang asli. Lah gue kaget. Bisa ya barang palsu dijual bebas ? Tapi bagus deh mbaknya bilang. Kalo engga gue malah bisa salah ambil yang KW 😭

Nah, jadi intinya di postingan ini, gue pengen ngasih tau ke kalian beberapa pemikiran gue tentang isu kemarin dan beberapa pengalaman gue. Gue ga tau nih Tony Moly beneran aman ato ngga. Ga tau secara pasti. Tapi gue “percaya” Tony Moly ini aman dipake. Buat kalian yang masih bimbang, ya… coba searching-searching lagi atau langsung hubungin Tony Moly nya 🙂

SEE YOU ON MY NEXT POST ❣️

devlabeauty.com

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: