Movie Review

Movie Review : THE GREATEST SHOWMAN – Film Musikal yang Cerdas

Sebelum review, aku mau menegaskan bahwa The Greatest Showman adalah MUSICAL DRAMA FILM yang 85% ceritanya dibawakan lewat lagu. Jadi jangan heran kalo habis nonton film ini, kalian bakal ketagihan sama lagu-lagunya karena emang bagus semua soundtracknya. Plus, penyanyinya juga udah ga diragukan lagi karena rata-rata pemain film ini adalah aktor musikal seperti Zac Efron. Kenal kan ? Bintang tampan dari High School Musical 🙂

The Greatest Showman

Secara animasi, masih standar sih. Yah, sesuai sama ceritanya yang hanya berhubungan dengan manusia dan kehidupan normal (no fantasi seperti Avatar). Tapi, kualitas gambarnya wow banget, ditambah alunan lagu yang TOP. Saking bagusnya, temenku sampe ngajak nonton dua kali -,-

FYI, pas nonton film ini aku heboh sendiri. Pas karakter utamanya seneng, bangga, dapat penghargaan, menikah, punya anak, aku selalu tepuk tangan sambil teriak. Soalnya so sweet banget ceritanya 🙂 Dan, suara penyanyinya ituloooo ga nahaaan.

The Greatest Showman ini menceritakan tentang anak seorang penjahit miskin bernama Barnum yang bertransformasi menjadi seorang pebisnis kaya raya, bahkan terkenal di Amerika dan Inggris. Bisnisnya adalah bisnis pertunjukan. That’s why judulnya “Showman”.

Mr Barnum

Dari segi alur cerita, masih bisa ditebak. Ceritanya masih sama dengan cerita biografi pebisnis pada umumnya. Mulai dari jatuh bangunnya sampe jadi sukses, sampe masalah besar berdatangan, sampe….(tonton sendiri ending-nya ya wkwk).

Yang bikin menarik adalah akting pemainnya yang bisa menggambarkan cerita hanya dengan lagu. FYI, lagunya ini diulang-ulang guys. Lagu A Million Dreams misalnya. Lagu ini diputer di awal cerita, tengah cerita, dan akhir cerita. Anehnya, feelingnya beda meski lagunya sama. Karena video dan latar ceritanya beda.

Overall, aku sangat merekomendasikan film ini buat kalian yang suka bisnis. Karena di film ini banyak banget scene di mana si karakter utama, Barnum, mencari modal usaha, mencari rekan usaha, sampai mencari karyawan untuk membangun usahanya. Cara-cara lobbying untuk mendapatkan keuntungan dan rekan kerja yang “berduit” juga ada di film ini. So, buat kalian para entrepreneur, atau calon entrepreneur – insyaAllah bakal dapat banyak inspirasi dari film ini 🙂

Buat kalian yang ngefans sama Zac Efron (tunjuk diri sendiri :p), kalian bakal dapat kejutan di film ini dengan suaranya yang angelic dan aktingnya yang super duper keren. Yah, meski di film ini si Zac ga jadi karakter utama.

Phillip Carlyle

Sebenernya yang bikin aku tergila-gila sama film ini adalah di awal cerita aku disambut sama lagu A Million Dreams yang dinyanyiin pertama kali sama Ziv Zaifman. Serius, suaranya gila bagus bangeetttt. Terus pake ada background hutan dan anak kecil yang ceria gitu…jadi kebawa akunya haha. Buat yang pengen dengerin, bisa klik link di bawah ya ⬇️

Film ini juga membawa banyak pesan, baik itu pesan hidup bermasyarat maupun pesan di dunia bisnis. Salah satu pesan yang sampe saat ini aku inget (aku catet lebih tepatnya wkwk), adalah “Kamu tidak perlu semua orang mencintaimu. Hanya beberapa saja udah cukup.” Quotes itu mengajarkan kepada kita bahwa ketika hidup, jangan sampe kita serakah pujian. Kita juga jangan sampai serakah cinta. Pengen semua orang menyukai kita. Padahal sejatinya, setiap manusia selalu punya haters. Seorang manusia tidak bisa mengambil cinta dari seluruh orang. Ketika kita serakah, ingin semua orang memuji kita dan mencintai kita, kita justru bisa kehilangan orang-orang benar-benar tulus mencintai kita. Seperti keluarga, istri, anak, orang tua, dan orang-orang terdekat kita.

Keluarga Mr Barnum ketika masih miskin

Selain itu, film ini juga mengajarkan kita untuk mencintai kekurangan diri, karena semua orang pantas untuk dicintai tanpa terkecuali. Bahkan orang cacat dan unik juga memiliki kesempatan untuk berprestasi dan mendapatkan cinta.

Masih banyak banget sebenernya quotes dan pembelajaran dari film ini yang ga bisa aku bahas satu per satu. Tapi kalian bisa cek di sini : The Greatest Showman Quotes.

Oh ya, ada catatan penting ketika nonton film ini. Orang Indonesia itu menurutku belum kebiasa nonton film drama musikal. Jadi buat kalian yang ga pernah nonton, ada kemungkinan kalian bakal bosen karena ada 85% cerita disampaikan lewat lagu. Tapi buat kalian yang udah kebiasa, kemungkinan bisa jadi alay kaya aku (tepuk tangan sendiri di tengah cerita wkwk). Dan jangan kaget kalo misal di tengah cerita, beberapa penonton lain bakal teriak, “Liat deh, 2 menit lagi pasti nyanyi. Satu, dua, tiga, pasti nyanyi deh…” Wkwkwk. Serius, di teater tempatku nonton, penonton lain itu sibuk menebak berapa menit lagi si aktor/aktris bakal nyanyi wkwk.

The Greatest Showman adalah film musikal pertama yang aku tonton di bioskop. Dan kebetulan juga salah satu aktornya adalah Zac Efron, idolaku jaman SMA haha. Sekarang wajahnya beda bangettt T.T Jauh lebih dewasa ketimbang di film High School Musical dulu.

Sebelum aku tahu kalau salah satu aktor film ini adalah Zac, ada seseorang yang merekomendasikan lagu This is Me. Seseorang itu adalah Kim Namjoon alias RM (member BTS) hihi. RM merekomendasikan lagu itu lewat akun twitternya -> https://twitter.com/BTS_twt .

Setelah itu, otomatis aku langsung cari di Youtube dan emang bagus banget lagunya huhu. Parah. Thanks for RM <3

Awalnya aku pikir ini film lama. Jadi aku ga ambil pusing dan ga ada keinginan nonton di bioskop. Bebebapa hari kemudian , temenku ngajak nonton The Greatest Showman ini. Kaget, langsung searching di jadwal XXI, dan langsung berangkat tanpa ragu. Bersyukur ternyata ini film baru jadi aku bisa nonton di bioskop U,U

So jadi itu review plus cerita singkat aku ketika nonton The Greatest Showman. Semoga bisa jadi referensi kalian yang pengen nonton film ini 🙂

Thanks for reading ! Feel free to comment and share your thought <3

See you on my next post!
Love,PicsArt_07-28-02.19.08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: