Cosmetics Review (Local)

[REVIEW] Sunscreen SKIN AQUA UV MOISTURE MILK SPF 50+ PA+++

Buat kalian yang suka/rajin pake sunscreen, pasti udah ga asing sama brand SKIN AQUA. Selain karena affordable banget, brand ini gampang ditemui di supermarket dan drugstore. Dan honestly ini produk drugstore yang jadi kesayanganku saat ini (yeaayyy**).

SKIN AQUA ini merupakan salah satu brand dari Rohto Laboratories Japan. Ada 4 macam varian SKIN AQUA yang dijual di Indonesia yaitu :

  • UV Moisture Milk (yang bakal aku review)
  • UV Moisture Gel
  • UV Whitening Milk
  • UV Mild Milk

Nah sebelum masuk ke review, aku mau ngingetin lagi betapa pentingnya kita pake sunscreen tiap hari. Karena sebenarnya masalah kulit yang kebanyakan terjadi seperti pori-pori yang makin visible, dark spot, dan penuaan dini kebanyakan disebabkan oleh radiasi sinar matahari. Jadi, aku pribadi pun bener-bener ga pernah skip pemakaian sunscreen, meski cuma keluar rumah sebentar buat beli bakso.

Waktu itu aku beli SKIN AQUA ini di hypermart. Ngasal aja sih soalnya sunscreen di Hypermart yang SPF nya sampe 50 cuma brand ini, dan alhamdulillah harganya lumayan murah yaitu sekitar IDR 45 ribu, mungkin karena volumenya kecil kali ya. Tapi menurutku ini worth it buat kalian yang lebih suka kemasan (kecil). Aku personally lebih suka kemasan kecil. Meski repurchase nya lebih cepet, seenggaknya sunscreen-ku ga kelamaan teroksidasi sama udara luar hehe. Karena kalo udah kita buka segelnya, sunscreen dan beberapa skincare lainnya punya shelf life sendiri-sendiri. Normalnya sih sekitar 1 – 3 tahun untuk sunscreen. Tapi aku lebih suka repurchase berulang-ulang. Apalagi kita ga langsung keluar uang banyak di awal wkwk.

Ingredients / Bahan-bahan

Berdasarkan CosDNA, ada satu bahan di dalam sunscreen ini yang punya tingkat iritasi yang sangat tinggi (angka 7), yaitu propylparaben. Paraben emang udah lama banget punya health concern untuk urusan kosmetik. Efek samping yang biasa terjadi adalah kemerahan pada kulit. Tapi, ga semua orang bisa ngerasain efek samping dari paraben. Aku sendiri sampe sekarang aman2 aja meski beberapa skin care yang aku pake mengandung paraben.

Water, Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Silica, Dimethicone, Hexyl Dimethicone, Ethylhexyl methoxycinnamate, Isononyl Isononanoate, Polymethylsilsesquioxane, Butylene Glycol, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Acrylates/
Dimethicone Copolymer, Glycerin, Lauroyl lysine, Methylparaben, Propylparaben, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Panthenol, Dipotassium Glycyrrhizate, Hydrolyzed collagen .

Nah, kalau kita lihat di 5 bahan pertama, produk ini mengandung Zinc Oxide yang merupakan bahan utama physical sunscreen, yaitu sunscreen yang mampu memantulkan UVA dan UVB. Tapi, di Instagram official Skin Aqua, adminnya bilang kalo produk ini adalah gabungan physical dan chemical sunscreen. Aku sih percaya-percaya aja meski aku ga menemukan kandungan chemical sunscreen di ingredients-nya. Soalnya, produk ini punya tekstur yang nggak creamy dan ngga ninggalin whitecast sama sekali (physical sunscreen biasanya ninggalin whitecast di permukaan kulit).

Claims

  • Improved Hyaluronic Acid (AcHA) : memberikan kelembaban dan kelembutan ekstra pada kulit
  • Collagen : menjaga elastisitas kulit
  • Vitamin B5 dan E : menutrisi kulit
  • SPF 50+ : perlindungan 51x lebih lama terhadap UV-B yang dapat menyebabkan kulit merah karena terbakar sinar matahari
  • PA+++ : perlindungan optimal terhadap sinar UV-A yang dapat menyebabkan penuaan dini, timbulnya kerutan halus, bintik hitam, dan penggelapan warna kulit.
  • Water Based Formula : sehingga tidak lengket dan cepat meresap, terasa ringan di kulit
  • Tidak menggunakan zat pewarna dan parfum
  • Dapat digunakan sebagai dasar make up
  • Diformulasikan bagi kulit orang Asia

MY REVIEW

What I Love ?

Yang aku suka dari produk ini adalah teksturnya ringan banget. Sangat berbeda dari sunscreen biasanya yang creamy. Selain itu, sunscreen ini ga ninggalin white cast, jadi bener-bener kaya pelembab wajah aja. Karena teksturnya yang ringan, cepet banget menyerap ke wajah dan ga lengket (sesuai dengan klaim). Padahal biasanya sunscreen yang SPF nya tinggi teksturnya cenderung berat.  Selain itu, juga gampang banget di re-apply (saran penggunaan suncreen adalah re-apply setelah 4 jam pemakaian).

 

Untuk kemasan, aku beneran cinta parah sama sunscreen ini karena mini imut-imut gitu. Jadi bisa dimasukin kantong aja dan ga makan tempat. Apalagi sunscreen ini juga bisa dipakai di badan.

What I Hate ?

Yang ga aku suka cuma kandungan parabennya sih. Meski sekarang ga ada efek nya ke wajahku, tapi ya takut aja. Karena sekarang paraben udah jadi bahan kosmetik yang dihindari.

Rating : 7/10

Purchase : Maybe yes

SEE YOU ON MY NEXT POST ❣️

devlabeauty.com

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: