Cosmetics Review (Local)

REVIEW: GARNIER SAKURA, Beneran dari Bunga Sakura (?)

DSC00029

Hi Beauties!

Kali ini gue bakal nge-review Garnier Sakura White. Pertama kali gue pengen nyobain series ini karena banyaknya review bagus dari beberapa blog dan juga forum ibu-ibu rumpi (read: femaledaily.com) wkwkwk. Apalagi Garnier seri Sakura White sudah mendapat sertifikasi Halal oleh MUI. Alasan kedua adalah karena gue ngeliat hasil yang juga cukup maksimal bekerja pada wajah temen gue. Saat itu, gue heran wajah temenku mendadak cerah (cerah ya, bukan putih). Plus bersih. Pas gue nanya pake apa, katanya sih pake rangkaian Garnier Sakura White.

Awalnya sempet sangsi karena Garnier adalah produk yang tergolong murah meriah dan gue yakin banget temen gue baru akhir2 ini pake produk Garnier. Masa sih bisa secepat itu efeknya ? Dan, I really like her result. Karena hasilnya itu bener2 cerah merona sesuai tone wajah, bukan up tone. 

Oh ya, satu lagi. Jadi gue pengen banget nyobain Garnier ini karena gue pengen nyembuhin efek breakout– gue gara-gara rangkaian produk sebuah klinik kecantikan berinisial “NG” (mungkin beberapa Beauties sudah hafal dengan inisial ini ya wkwk). Gue bener2 pengen pindah ke produk yang formulanya menggunakan bahan-bahan alami tumbuhan. Nah, setelah ini kita bakal ngebahas ingredients Garnier Sakura White ya Beauties… 

Kalo dari iklannya, kita tau kan kalo Garnier seri ini diproses dari ekstrak bunga Sakura dari Jepang ya. Katanya sih, bunga Sakura ini hanya bisa mekar 1 minggu setiap tahunnya. Wah, terkesan mewah banget ya nih produk. Bikinnya aja pake ekstrak bunga yang terhitung langka karena cuma ada di Jepang dan mekarnya pun jarang2 heheh 🙂 Tapi kok bisa ya harganya murah banget ? (dibandingkan produk2 kecantikanku sebelumnya yang mencapai harga lebih dari 200ribu, produk ini tergolong sangat murah). Akhirnya gue pun iseng memulai investigasi kecil2an dengan mengecek semua ingredients yang tertera dalam produk :

Benarkah Dari Ekstrak Bunga Sakura ?

Di dalam box, tertera bahwa produk ini mengandung beberapa ekstrak tumbuhan yaitu :

  • Citrus Aurantium Dulcis Fruit Water
  • Citrus Lemon Fruit Extract
  • Jasmine Flower Extract
  • Nymphaea Alba Extract
  • Prunus Yedoensis Leaf Extract
  • Sugar Cane Extract
  • Vaccinium Myrtillus Fruit Extract

See? Ga ada satupun menyebutkan Sakura Flower Extract ! Karena penasaran, gue pun mengecek satu persatu bentuk asli tumbuh2an di atas . Berikut hasilnya :

Gambar 1. Citrus Aurantium Dulcis Fruit
Gambar 2. Citrus Lemon Fruit

 

Gambar 3. Jasmine Flower
Gambar 4. Nymphaea Alba Flower
Gambar 5. Prunus Yedoensis Leaf
Gambar 6. Sugar Cane
Gambar 7. Vaccinium Myrtillus Fruit

Oke lalu di mana letak “SAKURA” yang digembor-gemborkan produk ini ?

Jadi Beauties, jangan panik dulu ! Produk ini beneran dari tumbuhan Sakura kok ! Jadi letak Sakura nya berada di Prunus Yedoensis Leaf Extract. Yap. Yang diektraksi itu bukan bunganya, tapi daunnya !. Prunus Yedoensis juga bukan pohon Sakura asli, tapi hasil persilangan antara Prunus Speciosa (Oshima Zakura) dan Prunus Pendula (Edo Higan).

 

Yoshino Sakura Tidal Basin DC.jpg
Gambar 8. Prunus Yedoensis
Gambar 9. Prunus Speciosa
Gambar 10. Prunus Pendula 


So, kalau yang diekstraksi adalah daunnya, sebenernya mau mekar 1 minggu per tahun pun ga masalah ya Beauties ! Heheheh :p Lalu apa aja sih manfaat dari daun bunga sakura ini ?

The Power of Prunus Yedoensis Leaf Extract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Ichimaru Pharcos Co.Ltd Jepang (2006), ekstrak daun Prunus Yedoensis biasa disebut dengan Sakura Extract B. Ekstraksi dilakukan dengan menggunakan 1-3 Butylene Glycol. Berikut adalah manfaat dari Sakura Extract B untuk kulit :

  • Menghaluskan kulit kasar. Dalam hal ini, ekstrak sakura mengandung surfactant, yaitu substansi yang bisa mengurangi kekasaran kulit akibat tekanan fluida yang tidak merata di dalam kulit.
  • Anti inflamasi. Dalam hal ini, ekstak sakura menghambat pelepasan histamin yang menyebabkan alergi pada kulit. (Ini kenapa rangkaian Garnier Sakura White didesain untuk kulit sensitif)
  • Mencerahkan. Nah ini dia yang dicari2 banyak perempuan Indonesia hehe :p. Ekstrak sakura dipercayai memiliki efek mencerahkan karena dapat menghambat produksi melanin. Sayangnya, percobaan yang membuktikan hal ini dilakukan pada sel melanoma tikus jenis B-16. Yes, animal testing. Tapi ini khusus penelitian Sakura Ekstract B oleh Ichimaru Pharcos ya Beauties, bukan Garnier-nya. Karena kita tau kan Garnier mengandung banyak ekstrak tumbuh-tumbuhan lain dan beberapa ingredients lainnya.

Buat para Beauties yang pengen tau lebih jelas tentang penelitian Sakura Extract B, bisa langsung cek di Ichimaru Pharcos Co., Ltd.

Finally, kalau melihat ingredientsnya, baru kali ini gue nemu produk perawatan wajah dengan ekstrak tumbuhan sebanyak itu. Biasanya cuma 2-5 ekstrak tumbuhan. Tapi Garnier menggunakan 7 ekstrak tumbuhan ! Amazing .

Tapi kok harganya murah banget dan efeknya bisa secepat dan sesignifikan itu ? I don’t know at all T.T

Result : Sebenernya gue merasa cream ini itu ada pemutih nya yang bisa bikin kulit cerah seketika. Kalo kalian pernah pake handbody Vaseline yang instant whitening, ya kaya gitu deh berasanya. Ga jauh beda wkwk. So gue rada gimana gitu mau ngelanjutin pake produk ini. 

So that’s all. I’m sorry if I cant give a rating for this product as usual. Sebenernya ini juga postingan lama gue dan bikinnya pas masih kuliah hehe.

Thanks for reading ! Feel free to comment and share your thought.

Love,

PicsArt_07-28-02.19.08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: