Beauty Talk

Niacinamide Dicampur Vitamin C, Bahaya Ga Sih ?

Hi ! Kali ini aku bakal bahas tentang skincare ingredients yang udah lama jadi bahan pertanyaan bagi banyak cewek, termasuk aku. Jadi boleh ga sih skincare berbahan vitamin C dipake berbarengan dengan skincare berbahan Niacinamide ?“. So, let’s go to the topic and keep on reading !

Kita semua tahu kalo Niacinamide itu fungsinya untuk anti-aging, membantu pembentukan kolagen dalam kulit, membuat natural moisturizing factor kita bekerja lebih baik, membuat skin barrier kita lebih bagus, sehingga membuat tubuh kita lebih kebal ketika terkena sesuatu dari luar. Singkatnya, membuat perlindungan kulit kita jadi lebih kuat. Selain itu, Niacinamide juga punya fungsi untuk brightening / mencerahkan.

Nah, vitamin C juga punya fungsi mencerahkan dan anti aging. Sama seperti antioksidan lainnya, vitamin C ini sangat reaktif untuk membuang oksidan bebas di kulit kita. Sehingga vitamin C sebenernya sangat berfungsi penting dalam tubuh kita. Lalu boleh ga sih dipake bersamaan ? Soalnya keduanya punya fungsi yang sama-sama bagus gitu kan….

Dari sebagian besar tulisan dan artikel yang aku baca, memang vitamin C dan Niacinamide tidak boleh dipake bersamaan. Karena memang ada kemungkinan reaksi yang terjadi akibat penggabungan dua ingredients tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan terbentuknya Niacin. Nah, efeknya bisa membuat kulit kita menjadi kemerahan, kering, dan mengelupas. Lalu apakah hal itu bener-bener terjadi ?

Sebelumnya, aku mau disclaimer dulu, kalo jenis Vitamin C yang aku bahas di artikel ini adalah Ascorbic Acid, yaitu jenis vitamin C yang memang “disebut-sebut” bermasalah jika dicampur dengan Niacinamide. Sedangkan jenis vitamin C lainnya selain ascorbic acid tidak begitu menimbulkan masalah jika dicampur dengan Niacinamide.

Menurut beberapa referensi yang aku tahu, pembentukan Niacin (Nicotinic Acid) sebenernya ga sesimpel itu. Karena sebenarnya Niacinamide memiliki struktur kimia yang stabil. Untuk bisa membuat Niacinamide berubah menjadi Niacin, sebenarnya dibutuhkan temperatur yang sangat tinggi, PH yang sangat asam, dan dalam jangka waktu yang lama. Percobaan penggabungan Niacinamide dan Vitamin Csebenernya udah pernah dilakukan. Tapi ternyata konsentrasi Niacin yang dihasilkan sangat kecil/sedikit.

Niacinamide sebenernya resikonya agak rendah karena memang struktur kimianya sangat stabil. Yang agak beresiko adalah Vitamin C. Thats why, banyak banget produk vitamin C yang ga stabil, gampang teroksidasi, formulanya ga enak, dan lain-lain. Nah, jadi semisal ada masalah, biasanya kecurigaannya lebih cenderung ke Vitamin C – nya.

Kalau aku pribadi sih, sebenernya ga masalah dengan kulit yang menjadi kemerahan. Karena kulitku punya warna netral, sehingga reaksi kemerahan mungkin tidak begitu mengganggu. Dan menurut referensi yang aku tau lagi, sebenarnya itu bukan termasuk iritasi kulit. Itu hanya reaksi yang terjadi akibat terbentuknya Niacin. Bahkan, beberapa orang tidak merasakan reaksi tersebut karena karakter kulit mereka sangat kuat (biasa disebut kulit badak). Apalagi, sekarang sudah banyak artikel-artikel yang menyebutkan bahwa Vitamin C (ascorbic acid) dan Niacinamide bisa dipakai bersamaan.

Banyak artikel memang menyebutkan bahwa ketika 2 bahan ini digabungkan, akan melemahkan. Namun, lewat video Youtube-nya, Danang Wisnuwardhana bahkan bilang kalau Niacinamide + Vitamin C yang justru bekerja dengan sangat baik ketika dipakai bersamaan. Ketika digabungkan, mereka menjadi komplemen, bukan malah menghancurkan fungsi satu sama lain. Selain itu penggabungan 2 ingredients tersebut membuat dosis menjadi lebih tinggi sehingga efeknya lebih terasa. Tapi yang pasti, pengalaman setiap orang berbeda-beda. Thats why you have to know more about your skin !

Buat kalian yang pengen mencoba sendiri, tapi belum berani, kalian bisa pakai alternatif Vitamin C yang lain. Misalnya : Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP) dan Sodium Ascorbyl Phosphate (SAP). Atau bisa diakali dari cara penggunaannya. Misalnya Niacinamide dipakai untuk pagi, Vitamin C untuk malam. Nah, kalau setelah pemakaian tersebut kulit kalian tidak menimbulkan reaksi apa, boleh dicoba menggunakan vitamin C jenis Ascorbic Acid. Selamat mencoba 😍

SEE YOU ON MY NEXT POST ❣️

devlabeauty.com

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: