K-Culture,  Travel

Liburan Ke Korea, Butuh Uang Berapa ?

Hi ! Anyyeonghaseyo chinggu-deul ! Sekarang kan udah banyak banget nih masyarakat Indonesia yang pengen liburan ke Korea Selatan (mungkin termasuk kalian yang mampir di blog ku ini hehe). Selain karena adanya pengaruh Hallyu wave, K-pop, dan K-Drama, negeri ginseng ini juga dikenal punya pemandangan jalanan kota yang indah banget, terutama di musim-musim tertentu. Nah, buat kalian yang berencana liburan ke Korea, aku pengen share pengetahuan ku tentang apa-apa aja yang diperlukan untuk liburan ke Korea Selatan. Mulai dari kelengkapan, cari penginapan di sana, transportasi yang dipakai, sampai jumlah uang saku yang dibutuhkan. Penasaran ? Langsung aja yuk ~

1. Paspor dan Visa

Yang paling penting sebelum ke Korea adalah : paspor dan visa. Di bagian ini, aku bakal bahas singkat aja ya. Kalau untuk, paspor, kalian bisa langsung dateng ke kantor imigrasi di daerah kalian masing-masing.

Lalu, bagaimana cara membuat visa Korea ? Silahkan mampir ke websitenya Kedubes Korea yang ada di Indonesia : http://overseas.mofa.go.kr/id-id/index.do.

1

Di sana sudah jelas, dokumen yang kamu butuhkan apa aja. Tapi kalau masih bingung, telepon aja. Web tersebut juga menyediakan nomor yang bisa dihubungi. Nah, kalau kalian ga pengen repot, sekarang juga sudah banyak banget travel agent yang menyediakan jasa pengajuan visa buat kalian.

2. Tiket Pesawat

Tiket pesawat dari Cengkareng ke Incheon (CGK-ICN), aku saranin kalian pake Traveloka. Kenapa ? Karena menurutku Traveloka lebih jujur dan konsisten. Di beberapa website lain, saat searching pertama, mereka bilang (misal) Rp 2 juta. Setelah di-klik, ternyata biaya pajaknya nambah-nambah terus. Pas akhir pembayaran jadi Rp 4 juta. Nah, kalau Traveloka, misal di awal mereka bilang Rp 2 juta, ya sampai akhir tetep Rp 2 juta. Jadi itu enaknya pake Traveloka. Apalagi kalo kalian pake aplikasi di Android, katanya sih jadi lebih murah. Silahkan dicoba ^^

Ada 2 macam penerbangan ke Korea yang aku rekomendasikan :
a. Direct Flight : Penerbangan 7 jam, biaya Rp 4- 7 juta (per trip), maskapai Garuda Indonesia, Korean Air, Asiana Airlines.
b. Transit 1x : Penerbangan >11 jam, biaya Rp 2- 4 juta (per trip),  maskapai Air Asia, Malaysia Airline, China Eastern, Cathay Pacific.

Saranku, jangan pernah ambil transit 2x. Karena waktu penerbangan terlalu lama, dan biaya yang dibutuhkan juga sangat mahal.

3. Penginapan / Akomodasi

Untuk penginapan, aku merekomendasikan kalian pake Airbnb. Kenapa ? Karena :
a. Bisa cuci baju di rumah (gratis biaya cuci baju)
b. Harga lebih terjangkau / murah
c. Bisa masak. Kadang dapur juga boleh digunakan
Tapi, ga enaknya, sebelum kita checkout, kita harus bersih-bersih dulu. Beda sama hotel. Kalau di hotel, kita checkout dalam keadaan kamar kayak kapal pecah pun ga masalah πŸ™‚

Harga penginapan yang ditawarkan oleh Airbnb berkisar mulai dari 30.000 Won atau Rp 380 ribu. Murah banget kan ?

Lalu, enaknya booking penginapan di daerah mana ? Nah, berikut 4 lokasi di Korea yang menurutku strategis :
a. Hong-dae : Paling aku rekomendasikan. Karena ini adalah daerah anak-anak kuliah. Jadi kalau kalian nginep di daerah Hongdae,  banyak tempat makan dan cafe cantik, shopping dan street food juga lumayan banyak. Apalagi banyak penampilan jalanan, kayak nyanyi-nyanyi atau dance.
b. Gangnam : Banyak orang kantoran, banyak tempat makan enak dan cafe keren. Namun, harga sedikit relatif lebih mahal dibandingkan daerah Hongdae. Di sini, kamu bakal banyak liat sibuknya orang kantoran di Korea Selatan yang wira – wiri (terutama pas hari kerja).
c. Itaewon : Cocok buat para muslim. Karena di sini adalah pusat makanan HALAL di Korea. That’s why, di sini tuh banyak banget makanan Indonesia, Malaysia, India, Turki, dsb. Dan di sini juga banyak turis dan orang asing.
d. Myeong-dong : Daerah ini adalah ‘surga’ bagi para pecinta shopping dan street food. Banyak banget turis yang berkunjung ke sini. Ga enaknya, di sini terlalu banyak orang. Bener-bener crowded (bayangin aja pasar yang lagi rame-ramenya karena ada diskon 90%).

4. Transportasi Umum

Buat kalian yang mikir “wah… di Korea nanti naik Uber atau Grab aja deh..“, sayang sekali, di Korea Selatan tidak ada sharing car / motor service semacam Uber dan Grab. Ada sih, sharing car punya Korea asli, tapi masih kecil banget daerah operasionalnya.

Orang Korea lebih sering menggunakan transportasi umum

Kebanyakan, orang Korea menggunakan kendaraan umum, seperti taxi, bus, kereta bawah tanah, dsb. Cara pakainya gimana ? Kamu tinggal download aplikasi KakaoMap atau NAVER Map. Dua aplikasi ini sekarang sudah support Bahasa Inggris. Misal kalian mau pergi dari Gangnam ke Myeong-dong, aplikasi tersebut akan menjelaskan rute yang akan kalian tempuh, lengkap dengan informasi kalian harus naik bis apa, ganti naik kereta apa, nunggu di mana, pokoknya lengkap.

Download KakaoMap atau NAVER Map jauh-jauh hari , dan dicoba-coba biar paham. Jangan menggunakan GoogleMaps, karena di Korea tidak terlalu berfungsi.

Nah, untuk naik kendaraan umum di Korea, kalian butuh 1 kartu yang namanya T-Money. Kartu T-Money ini dijual hampir di semua supermarket Korea. Sekali perjalanan, biasanya harganya mulai dari 1200 Won sampai 2700 Won. Jadi kalau kalian mau jalan-jalan, coba dihitung : 2000 Won x [jumlah lokasi yang mau dikunjungi +1 (balik rumah)]. Lalu silahkan dijumlah berapa Won yang nantinya kalian top up πŸ™‚

T-Money Card di Korea Selatan

Sebenernya kita bisa aja beli kartu buat sekali jalan. Tapi aku lebih menyarankan menggunakan T-Money, karena ketika kita ganti dari bis ke kereta, kita cuma nambah biaya transfer sekitar 100 Won , 200 Won. Kalau pakai kartu sekali jalan, kita harus bayar full. Mangkanya, pakailah T-Money supaya lebih gampang. Tinggal tap..tap..tap.

4. Internet

Di Korea, memang banyak banget wifi gratis yang disediakan. TETAPI, itu untuk para pelanggannya saja. Misalnya, aku pakai provider SK Telecom (provider telepon di Korea). Nah, aku bisa dapet wifi gratis dari SK Telecom karena memang provider ini banyak menyediakan wifi di jalanan Korea. Tapi bagi pengguna selain SK Telecom, ga bakal bisa mengakses wifi gratis ini. JADI, SIAPKAN PORTABLE WIFI KALIAN SENDIRI. Belinya di mana ? Tenang… di Airport banyak kok yang jual dan menyewakan portable wifi.

5. Makanan

Makanan di Korea per porsi harganya berapa sih ? Per porsi biaya makannya sekitar 6000 – 9000 Won atau Rp 75.000 – Rp 113.000 . Nah, kalau kalian nyari solusi makanan yang lebih murah, aku saranin, kalian makan di supermarket (bento supermarket), karena harga per porsi bisa sekitar 3500 – 4500 Won atau Rp 44.000 – Rp 56.000 .

6. Uang Saku

Ini sebenernya tergantung masing-masing orang sih, karena setiap orang pasti kemampuan ekonominya berbeda-beda. Ada orang ke Korea, tujuannya memang buat shopping. Ada juga yang ke Korea, cuma pengen liat-liat, jadi ga butuh shopping banyak.

Lalu bagaimana cara memperkirakannya ? Caranya gampang. Coba kalian bayangin liburan ke Bali selama 3 hari. Berapa uang saku yang akan kalian butuhkan? Misal kalian butuh Rp 1 juta. Berarti uang yang kalian butuhkan untuk liburan ke Korea juga 1 juta Won. Ini adalah patokan yang kasar banget.

Kenapa ?

Karena, di Indonesia, gaji Rp 2 – 4 juta udah biasa banget. Sama seperti di Korea. Gaji 2 – 4 juta Won juga udah biasa banget. Di Indonesia, makan Rp 6000 – Rp 9000 adalah hal yang normal. Begitu juga di Korea, makan 6000 – 9000 Won adalah hal yang lumrah. Karena harga MC Donald di Korea berkisar antara 5000 – 10000 Won. Jadi, angkanya sama, cuma beda mata uangnya aja.

Mungkin patokan ini terlalu besar sih, karena Rp 5000 ga bisa buat beli Mc Donald di Indonesia. Sedangkan di Korea, udah dapet Mc D (porsi biasa). Tapi dengan patokan kasar ini paling engga kalian ga bakal kekurangan dana di Korea nanti πŸ™‚

Nah, jadi itu tadi beberapa informasi yang aku harap bisa bantu kalian yang emang lagi berencana liburan ke Korea Selatan. Kalau kalian merasa artikel ini bermanfaat, kalian bisa share ke temen-temen kalian. Thanks for reading !

Source : Jang Hansol (Korea Reomit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: