My Diary & Experiences,  Others

Laptop 2in1 for My Crazy Movement !

Ini sebenernya adalah postingan untuk BliBli Blog Competition. Tapi gajadi gue kirim gegara telat hehe :p Tapi tulisan ini mengandung banyak cerita kehidupan gue. Jadi sayang aja kalo ga gue publish. Selamat membaca :*

Laptop 2in1 ? Pengen sih…

Gadget ini sebenernya udah jadi inceran gue semasa kuliah. Bayangin, kita bisa dapet tab sekaligus laptop. Nah, pas udah kerja setahun rasanya gue ga bisa nunda-nunda lagi kebutuhan gue akan gadget ini.

Pekerjaan gue sebagai wartawan sebuah koran nasional memaksa gue harus ngantongin gadget kemana-mana. Pengennya sih bawa laptop. Sayangnya ukurannya yang lumayan gede bikin ga praktis. Udah gitu, laptop gue lumayan berat dan badan gue kecil. Ntar tambah menyusut badan gue kan makin repot hhi.

Pernah gue liputan ke Makassar. Waktu masih di Bandara Sultan Hassanudin, gue udah ditelponin sama editor. Dimintain foto dan beritanya langsung. Gila.. pas itu gue panik banget. Berita sama foto udah kelar sih . Sayangnya, file belum gue pindah ke smartphone. Jadi mau ga mau gue harus ngidupin laptop di bandara. Nah pas loading ngirim, tiba-tiba ada panggilan buat boarding. Parahnya, gue masih belum kelar. Jadi terpaksa gue lari ke pesawat sampil nentengin laptop yang layarnya masih kebuka. Jujur sebenernya gue takut nabrak orang ato kepleset wkwkw. Tapi mau gimana lagi ? Pokoknya ga praktis banget deh.

Cerita kedua adalah pas gue nungguin dosen. Yap, selain kerja sebagai wartawan, gue juga lagi menjalani studi S2. Waktu itu gue lagi nunggu kelas dimulai. Ternyata dosennya ga dateng-dateng. Akhirnya gue nunggu di laboratorium. Di situ gue bingung karena ga tau mau ngapain. Gue cuma bawa smartphone. Karena pengen produktif, gue akhirnya berinisiatif buat nyicil nulis berita karena malemnya harus disetor ke editor. Tapi apa daya… gue bingung gimana nulisnya kalo lewat smartphone.

Jadi gini, biasanya gue nulis di komputer kantor.ย Kalau nulis pake komputer, gue biasanya buka multi-tab. As we know, nulis berita itu ga segampang nulis diary. Gue juga harus dengerin rekaman hasil wawancara dengan narasumber plus nyari informasi tambahan di internet. Nah, fitur multi-tab ini ga applicable banget di smartphone.

Karena bingung ga bisa ngapa-ngapain akhirnya gue memutuskan untuk tidur daripada marah-marah ga jelas ๐Ÿ˜€

Seandainya gue punya laptop 2in1, gue pasti bisa lebih produktif. Jangankan nulis berita, gue juga bisa nulis blog atau nonton YouTube buat belajar bahasa Inggris.

Selama ini gue emang menghindari bawa laptop ke mana-mana karena berat dan kalaupun di bawa, tetep ga bisa mobile karena ga mungkin kita nenteng-nenteng laptop dalam keadaan layar masih dibuka. Kebiasaan kaya gitu bisa ngerusak hardisk dan layar laptop. And then berujung pada kerusakan total. Kalo udah rusak, produktifitas gue bisa bisa berkurang karena 90 persen kerjaan gue menggunakan laptop.

Laptop 2in1 ini pastinya bakal ngebantu mobilitas gue sehari-hari. Bayangin, dalam sehari gue bisa keliling sampe ke empat lokasi sekaligus. Dan kalo pas nunggu narasumber, apa lagi yang bisa gue lakuin selain nyicil nulis berita atau blog ? Ga ada. Mau baca buku pun ga bisa tenang karena kepikiran tanggungan kerjaan huhu.

Create Everything with Laptop 2in1

Semenjak gue memutuskan untuk jadi blogger, kerjaan gue pun bertambah. Mungkin beberapa orang berpikiran bahwa kerjaan blogger cuma nulis dan nulis. Yaelah… kalo kerjaannya nulis doang mah namanya bukan blogger, tapi penulis. Bisa penulis buku, penulis artikel dan lain-lain.

Gue harus bisa boosting social media, bikin konten lain seperti gambar, infografik bahkan video. Kalo awalnya gue cuma punya Facebook dan Instagram, sejak jadi blogger gue punya delapan social media. Gila! Dari dua jadi delapan.

Jaman sekarang, pengelolaan blog ga bakal bisa maksimal tanpa bantuan social media. So mau ga mau gue harus menguasai banyak social media supaya penetrasi gue buat memperkenalkan Dev Lab makin gampang.

Ga cuma penetrasi lewat sosmed, gue juga kudu jago desain. Baik desain foto, thumbnail, atau bahkan bikin video. Tanpa itu semua, blog gue hanyalah folder yang berisikan kumpulan arsip tulisan. Nothing special.

Sadar akan kebutuhan itu, gue akhirnya mulai belajar desain. Berhubung laptop gue cuma satu dan sulit dibawa ke mana-mana, gue akhirnya memanfaatkan smartphone. Beberapa aplikasi foto editor dan desain dari Playstore gue pake sekaligus. Mulai dari Meitu, Picsart,ย Cymera dan lain-lain. Surprisingly, buat ngedit 1 foto aja gue harus pindah-pindah aplikasi buat ngedapetin desain yang maksimal.

BeautyPlus_20170822174633_save

Thumbnail di atas adalah salah satu contoh foto yang gue edit pakai banyak aplikasi. Pertama pakai PicsArt lalu dilanjut Meitu, dan diperhalus pakai Cymera. Hasilnya menurut gue masih alay dan ga bagus hehe. Tapi berhubung gue capek, akhirnya gue pajang juga deh buat postinganย TUTORIAL : Simple Korean Make Up with Hijab.

Bagusnya, sekarang gue udah nemu situs web Canva yang bagus banget buat ngedit atau bikin thumbnail. Sayangnya, Canva ga ada aplikasi androidnya jadi mau ga mau harus pakai laptop. Nah, selama ini gue ngedit foto thumbnail itu di tempat yang berpindah-pindah. Mulai dari sofa kantor, lab, lounge, bahkan pas lagi santai di cafe. Kalo pakai laptop, gue harus pulang dulu huhu.

Di saat itulah gue makin ngebutuhin Laptop 2in1 ini. Desainnya yang simpel dan bisa bantu segala aktifitas gue yang mobile. Spesifikasinya yang makin handal juga pas banget sama kerjaan gue yang banyak.

Di bawah ini adalah video VLOG pertama yang gue bikin pas lagi liputan di Lombok.

Pengennya sih, video ini gue upload saat itu juga. Eh, realisasinya baru gue upload beberapa minggu kemudian setelah gue balik ke Surabaya. Salah satu kendalanya karena pas di sana gue ga bawa laptop. Karena emang barang yang gue bawa banyak banget jadi ga mungkin ketambahan laptop gue yang segede gaban.

So, that’s my dream. Hope someday the 2in1 Laptop will be mine ๐Ÿ™‚

Thanks for reading ! Feel free to comment and share your thought <3

Love,

PicsArt_07-28-02.19.08

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: