Beauty Talk

KOSMETIK LOKAL VS LUAR NEGERI, PILIH MANA ?

Hai Beauties ! Postingan kali ini sebenernya lebih ke random talk tentang perbandingan kosmetik lokal dan luar negeri. Well, apa yang kira-kira terlintas di benak kamu ketika ditanya tentang kosmetik buatan luar negeri ?

Kemasan Lucu. Kualitas tinggi. Banyak pilihan. Selalu ada yang baru. Mahal.

Mungkin sederet frasa itulah yang bakal aku lontarkan jika ditanyai pendapat tentang skincare luar negeri. Tapi kebanyakan orang tidak peduli dengan kata mahal karena memang berbagai kelebihan di atas sebanding dengan harganya.

Lalu bagaimana dengan skincare lokal ? Yang pasti kelebihan utamanya adalah murah dan mudah didapat. Kelebihan lainnya, jujur aku sendiri ga bisa jawab. Bukan karena tidak ada produk lokal yang menjadi favoritku, tapi jujur aku memang lebih suka produk luar negeri. Dibilang ga cinta, ya ga juga sih. Soalnya ada satu merk lokal yang emang jadi favoritku, Wardah.

Nah, kenapa akhir-akhir ini aku lebih suka beralih ke produk luar negeri ? Jawaban utamanya karena mereka menyediakan produk yang up to date, unik dan good branding. Lah emang produk Indonesia ga kekinian, unik dan good branding ? Oke aku akan bahas masalah unik, kekinian, dan good branding satu persatu.

Tapi, sebelumnya aku mau menegaskan bahwa artikel ini murni menurut aku dan pengalamanku memakai produk Indonesia dan luar negeri ya. Jika ada yang punya pendapat lain, kalian bisa komen di bawah supaya kita juga bisa diskusi bareng ^^ Atau jika kalian punya artikel terkait hal ini baik yang pro ataupun kontra dengan tulisan aku, silahkan share juga link artikel kalian di comment box 🙂

1. UP TO DATE

Menurut aku, kebanyakan produk lokal kurang up to date. Coba bayangkan ketika kita ke supermarket dan masuk ke jajaran sabun, facial wash, lipstik, bedak, dll. Dari sekian banyak merk Indonesia, pasti bentuk kemasannya sama semua, hanya beda di gambar kemasan atau logo merk. Nah, di sini aku mau ngebandingin sama produk-produk buatan Korea, karena produk luar negeri yang biasa aku pakai adalah buatan Korea.

Kita ambil contoh, lipstik. Lipstik buatan Indonesia rata-rata sama, bentuknya ya gitu-gitu aja. Dan dari jaman aku belum lahir, sampe aku udah umur 22 tahun, bentuk lipstik buatan Indonesia itu adalah tabung kecil, trus kalo mau ngeluarin lipstiknya harus diputer dulu. Inovasi dari tahun ke tahun hanya terletak di gambar kemasan dan tekstur lipstiknya.

Lipstik buatan Korea ? Wah bisa dibilang aneh-aneh dan ga masuk akal. Ada lipstik yang terdiri dari 2 warna dan bentuknya kotak. Ada yang bentuknya palet sehingga kadang orang awam ga bisa bedain itu lipstik atau eye shadow. Ada yang bentuknya “lip tint”. Yap, lip tint ini adalah jenis lipstik buatan Korea yang sudah mendunia. Jika orang mendengar lip tint, pasti mereka sudah bisa menebak bahwa…itu Korea punya.

Image result for korean lip tint
Secret Key Lip Tint from Korea

Ada lip tint yang bertekstur gel, ada yang bertekstur seperti air (lip tint yang aku punya bertekstur air, jadi bentuknya lebih mirip minuman sirup). Lip tint ini akan membuat bibir kita berwarna tanpa orang sadar kita memakai lipstik karena teksturnya yang natural. Pernah lihat orang bibirnya merah gara-gara makan buah naga atau minum fanta ? Ya seperti itulah hasilnya setelah seseorang memakai lip tint. So naturaaaal and beautiful. Ga heran kalo produk ini menyebar dengan sangat cepat. Well, itu hanya salah satu contoh.

Meski begitu, ternyata tidak semua kosmetik buatan Indonesia lambat berinovasi. Pasalnya, 2 tahun belakangan ini aku bener-bener mengapresiasi beberapa merk Indonesia yang mulai berinovasi. Yeaaay ! Giving applause!!*

Contoh yang aku tahu adalah Wardah dan Mineral Botanica (kalau kamu tahu merk Indonesia lain yang memproduksi kosmetik up to date, bisa komen di bawah ya ^^). Produk unik yang berhasil diproduksi Mineral Botanica adalah tres-lip. Bentuknya lucu karena mirip alat suntik di rumah sakit. Hehehe. Sayangnya, Mineral Botanica memberikan detail atau penjelasan produk yang sangat sedikit. Sehingga kadang membuat konsumen menjadi bingung. Apalagi ini adalah produk baru yang unik dan jarang di Indonesia. Kalau konsumennya skeptis dan banyak duit, pasti langsung dibeli. Nah kalau konsumennya ragu-ragu karena ga ngerti fungsi dan hasil swatchnya, bisa-bisa ga jadi beli. Kan sayang 🙁

Image result for treslip mineral botanica
Mineral Botanica Tres Lip

Beralih ke Wardah. Wardah ini memang sudah sangat memikatku semenjak pertama kali debut sebagai brand kosmetik halal sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu. Nah, beberapa produk unik yang berhasil diproduksi Wardah dan pernah aku cobain adalah Wardah Exclusive Two Way Cake dan Double Function Kit. Wardah Exclusive Two Way Cake ini adalah bedak yang sudah bercampur dengan foundation. Surprisingly, it really works like woo! You dont need foundation or bb cream anymore and it will cover your face a lot ~.

Image result for wardah exclusive two way cake
Wardah Exclusive Two Way Cake

Produk unik Wardah selanjutnya adalah Double Function Kit. Pertama kali tahu produk ini dari Kiara Leswara, salah satu youtuber Indonesia. Waktu itu, dia membuat makeup tutorial onebrand dari Wardah dan ngenalin Double Function Kit. Pertama liat, aku pikir itu eye shadow karena berbentuk palet. Kuasnya pun mirip kuas eye shadow. Tapi ternyata, ini adalah CONCEALER ! What ???? Sedikit ga percaya. Tapi pas ngeliat Kiara pake, aku jadi pingin nyoba dan akhirnya beli. Dan , lagi-lagi it works girls ! Palet ini terdiri dari 3 warna concealer sehingga kamu bisa mix dan memilih warna yang sesuai dengan tone kulitmu. Jempol deh buat Wardah !

Image result for wardah double function kit
Wardah Double Function Kit

Aku harap produk-produk Indonesia lain bisa segera nyusul bikin produk-produk up to date lainnya supaya ga kalah saing sama negara lain ^^. And of course,  I’ll be so pleasant to review it and say to all of the girls in the world that, “That’s original from Indonesia ! My country made it!. Or maybe I wanna say, “Are you ready for I-Beauty? (Note : I-Beauty is Indonesian Beauty wkwkkw. If Korea has K-Beauty, Indonesia must be I-Beauty, right? Or could you please tell me another idea of  how to say Indonesian Beauty Trend? :p)

2. UNIK

Kalau bicara unik, produk Indonesia yang langsung muncul di kepalaku adalah Sariayu dan Mustika Ratu. Unik yang aku maksud di sini adalah punya ciri khas yang membuat orang lain langsung ngeh. “Ooh itu merk Sariayu, ooh itu merk Mustika Ratu”.

Kenapa unik? Karena mereka menggunakan bahan-bahan asli Indonesia. Misalnya Sariayu yang memakai rempah-rempah sebagai bahannya seperti jahe, cabai, bengkoang, dll. Menarik kan ? Tapi, lagi-lagi merk unik Indonesia yang aku tahu hanya 2.

Related image
Sariayu Putih Langsat

Kalau disuruh nyebutin merk luar negeri yang unik, aku bisa aja nyebutin banyak. Misal di Korea, ada Secret Key dengan snail formulanya (berbahan dasar lendir siput), Nature Republic dengan formula ginseng, underwater mineral dan aloe vera-nya, Skinfood dengan formula sake dan buah Yuja (buah jeruk yang hanya ada di Korea), Innisfree dengan formula Jeju Volcanic-nya (Jeju adalah salah satu pulau yang kaya sumber daya alam di Korea), Laneige dengan teknologi water bank-nya, dan masih banyak lagi. Bahkan, berkat produk-produk kosmetik tersebut, Korea jadi semakin dikenal. Mulai dari tingginya penjualan ginseng di Korea hingga pulau Jeju yang sekarang ramai dengan wisatawan.

I think Indonesia should be more immpressive ! FYI, penjualan kosmetik bisa menjadi salah satu jalan juga untuk mengenalkan Indonesia di mata dunia loh, Beauties. Yeah, we all know that woman has a large population and will do anything to be beautiful and they are a shopaholic! Sekarang, sumber daya apa sih yang hanya ada di Indonesia tapi ga ada di negara lain ? Ya anggap saja rempah-rempah. Yes, Sariayu and Mustika Ratu made it ! Tapi kenapaaaaaa ga bisa menyebar luas seperti Snail Cream buatan Secret Key yang dikenal sampe ke Eropa ? Sedih akutu.

So, ayo dong merk-merk lokal please buat produk yang memakai bahan asli Indonesia. Supaya Indonesia juga bisa dikenal dengan baik. Buah naga deh misalnya. Buah naga ini kan melimpah ruah banget di sini. Kandungannya juga baik banget buat kulit karena punya antioksidan yang tinggi. Tapi kenapa ga ada yang bikin skincare dari buah naga ? Hiks!

Kadang nih ya, aku suka sebel kalau ada produk Indonesia bikin inovasi, tapi malah mempromosikan negara lain. Misal Citra yang memakai bahan dari bubuk mutiara Jepang dan rumput laut Jepang. Hey, situ perusahaan kosmetik Indonesia apa Jepang ? Kan mau beli jadi ragu, itu beneran dari Jepang apa engga. Pasalnya, kalau bahan-bahannya pun harus impor dari negari Sakura, harusnya harganya selangit dong, atau sejajar dengan skincare asli Jepang. Nah ini bahan dari Jepang, merk lokal, harga juga lokal. Kan jadi ragu. Tapi aku cukup appreciate sih pas dulu Citra terkenal banget karena bahan bengkoang-nya yang memang asli Indonesia. Tapi sekarang sedihnya kenapa mereka bikin inovasinya pake embel-embel negara lain hiks 🙁

3. GOOD BRANDING

Bayangkan jika kalian pernah memakai produk buatan Korea, kalian pasti pernah disuguhi penjelasan produk yang mendetail dari poster atau website resminya. Bahkan, kebanyakan dari mereka membuat infografis yang sangat detail sehingga memudahkan konsumen untuk memahami dan mengenal lebih dalam tentang produk mereka. Ga jarang juga mereka mencantumkan beberapa sertifikat pengujian lab dan hasil tes produk mereka. Oh ya, setauku beberapa merk terkenal seperti Nature Republic bahkan membuat video ilustrasi kartun yang menjelaskan bagaimana produk mereka dibuat. Mulai dari pencarian bahan baku, proses pencampuran bahan-bahan hingga dibentuk menjadi skin care atau kosmetik. Ini juga menjadi salah satu alasanku lebih menyukai produk-produk buatan Korea. Di bawah ini aku kasih contoh detail produk salah satu perusahaan kosmetik dari Korea Selatan. Sangat menarik <3

cosrx_rice_spa_overnight_mask
Detail Produk Kosmetik Korea, Cosrx

Jujur, selama ini aku belum pernah menemukan perusahaan kosmetik Indonesia memberi penjelasan detail tentang produk mereka. Detail produk buatan Indonesia biasanya hanya dicantumkan di bagian belakang kemasan. Isinya pun standar banget, penjelasan singkat (rata-rata hanya 2-3 kalimat), ingredients, cautions, cara pakai, dan nama perusahaan yang memproduksi atau yang mendistribusikan. Selesai. Just it ! Sehingga kalau kita ingin mengetahui efeknya, kita harus searching review dulu di mbah Google atau di Youtube. Atau cara paling gampangnya, beli dulu, cobain sendiri wkwkwk. Jadi hal ini yang sering membuat aku ragu untuk membeli produk-produk lokal. Karena aku ga tahu apakah produk tersebut sesuai dengan masalah kulit yang aku alami atau tidak.

Aku ga tau sih, kenapa mereka jarang memberikan detail produk yang banyak. Apa karena mereka ga kepikiran, males, atau memang mereka ga pernah mengujikan produk-produknya di beberapa responden (tes produk). Atau mungkin juga, karena mereka juga ga punya hak paten inovasi atau apalah itu. Soalnya seperti yang aku bahas sebelumnya, produk buatan Indonesia masih jarang yang membuat formula sendiri. Berbeda dengan produk buatan luar negeri yang unik. Misalnya, Secret Key yang berhasil membuat formula skin care dari lendir siput. Di penjelasan produknya , Secret Key selalu mencantumkan hak patennya dalam menemukan formula lendir siput tersebut. 

Nah Beauties, jadi itu 3 alasan aku lebih memilih menggunakan produk-produk buatan luar negeri (terutama Korea) ketimbang produk lokal. Tapi bukan berarti aku anti sama produk lokal ya. Aku masih memakai beberapa produk lokal yang memang menurutku kualitasnya bagus dan punya ciri khas sendiri seperti Sariayu, Mustika Ratu dan Wardah.

Isi dari artikel ini murni dari pemikiran dan pengalaman pribadi. But, I’ll open my mind, so if you wanna share your experience comparing both of them, just left your comment below or you can share your article too 🙂

SEE YOU ON MY NEXT POST,

LOVE,

DEVITA

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: