Kerja Part Time di Korea Selatan
K-Culture,  Uncategorized

Kerja Part Time di Korea Selatan (for Student)

Hallo ! Postingan ini sebenernya bukan murni pengalaman pribadi gue, tapi gue berusaha ngumpulin semua informasi yang pernah gue dapet di sini. Soalnya gue emang ada rencana studi lanjut di sana. Meski gue ngincer beasiswa, tapi faktanya ga mungkin gue bisa survive di sana dengan hanya menggunakan duit beasiswa dong. Yah, semoga bisa terwujud, Aamiin.

So, buat yang penasaran gimana “kondisi” dan “caranya” dapetin pekerjaan part time di Korea, baca sampe abis yaa ^^

Fakta Part-timer di Korea Selatan 🇰🇷

  1. Gaji IDR 500K-900K per Hari
    Yap, kalau dirupiahkan, gaji di Korea sangatlah besar. Kalian bisa ngantongin uang sampe dengan IDR 900K sehari. Rata-rata pekerjaan yang menghasilkan gaji segitu adalah pekerja counter, bank, penyebar brosur dll. Kalau restoran pinggiran atau warung biasanya IDR 500K-750K.
    Jam kerjanya juga tergantung. Kalau dari pagi (sekitar jam 8-10) sampe jam 5 sore, biasanya gajinya bisa sampe IDR 900K. Ada juga yang kerja dari jam 10 pagi sampe jam 8 malem, gajinya sekitar IDR 1juta.

    FYI, standar minimum gaji part time di Korea adalah 6.400 won/jam atau Rp 81.587/jam.

  2. Biasanya Pekerja Part time dari Indonesia Berkumpul di Ansan
    Ansan adalah salah satu wilayah industri yang lumayan gede di Korea Selatan. Di sana, juga banyak banget toko-toko atau warung orang Indonesia. Jadi ga heran kalau banyak warga negara Indonesia yang milih kerja part-time di Ansan.

    Pondok Bali di Ansan
    Pondok Bali di Ansan
    Lambang Garuda di Ansan
    Lambang Garuda di Ansan

    Warung Lea Indonesia di Ansan
    Warung Lea Indonesia di Ansan
  3. Kerjanya Butuh Tenaga Ekstra
    Karena gajinya cukup besar, maka ga heran dong kalo kerja di Korea Selatan (meski part time) butuh tenaga ekstra. Misalnya nih ya, buat jadi kasir supermarket, jangan bayangin kerjaan kalian cuma “klik-klik” harga doang. Kita juga kudu bisa nata barang, ngerekap barang yang dijual, dll. (mungkin kalo di drama, keliatannya cuma jaga komputer sama klik2 barang doang ya, padahal aslinya engga).
    Contoh lagi, ketika jadi waiters di rumah makan, kerjaannya ga cuma nganter makanan. Tapi juga beberes restoran, cuci piring, bahkan bisa juga bantuin masak.

Cara Dapetin Kerjaan Part-time di Korea Selatan 🇰🇷

  1. Banyakin Temen
    Kebanyakan info kerjaan part-time datang dari temen/kolega yang sebelumnya memang sudah pernah melakukan kerja part time. So, kalo pengen dapet kerjaan dengan mudah, jangan malu-malu buat nyari temen sebanyak mungkin di Korea. Apalagi kalo pas lagi kuliah, pasti panyak lah ya temen sekampus yang juga kerja part time. Buat kalian yang sering nonton drama Korea pasti tau dong kalo mahasiswa Korea pun banyak yang kerja part time buat nambah biaya hidup.
  2. Aktif di Sosial Media
    Selain lewat temen, biasanya info kerjaan part-time juga banyak di-share di sosial media. Di grup Facebook misalnya. Beberapa dari pemilik usaha biasanya posting lowongan lewat sosmed.
  3. Keliling Toko/Restoran/Kedai
    Ya, ini adalah cara paling melelahkan karena kalian harus menanyakan langsung ke setiap pemilik usaha di Korea. Nah, misal kalian ditolak/memang tidak ada pekerjaan saat itu, kalian bisa ninggalin nama dan nomer telepon ke si pemilik usaha. Jadi misal mereka butuh pekerja part time, bisa langsung hubungi kalian. Apalagi kalo kalian jago bahasa Korea, kesempatan makin besar.
  4. Cari di Website Craigslist
    Setiap negara maju kebanyakan punya website craigslist. Nah, Korea Selatan juga punya. Di sini : Seoul Craigslist . Tapi, pekerjaan di website craigslist biasanya membutuhkan surat ijin imigrasi part-time student. Soalnya di Korea, kebanyakan student tidak diperbolehkan bekerja part time.

Sedikit renungan, cieee…., banyak yang bilang kerjaan part-time adalah ujian bagi mahasiswa/student di Korea Selatan, terutama mahasiswa asing. Karena kemudahan mendapatkan kerja dan gaji yang cukup lumayan, beberapa mahasiswa jadi gila kerja sampe lupa ke tujuan awalnya dateng ke Korea Selatan buat menuntut ilmu. Yah, bisa dimakklumi karena faktanya, mencari pekerjaan part-time di Korea Selatan jauh lebih mudah ketimbang di Indonesia. So, be wise ya guys ^^.

Semoga artikel ini bisa membantu memberi informasi. Thanks for reading and..

SEE YOU ON MY NEXT POST ❣️

devlabeauty.com

Source : Rini Aziza Youtube Channel

One Comment

  • Rizka Pratiwi

    kebanyakan drama tidak seindah kenyataannya ya. hehe… tapi emang sih biasanya di luar negeri sana nyari part time-an lebih gampang dibanding nyari di dalam negeri. etapi aku juga baru tahu kalau gak semua visa student di Korea bisa digunakan untuk part time-an loh… *angguk-angguk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: