My Diary & Experiences

Inovasi Kepemanduan LKMM

Kepemanduan dalam LKMM adalah salah satu jembatan keberhasilan output peserta LKMM itu sendiri. Oleh karena itu, metode dan cara dalam kepemanduan harus selalu di-upgrade mengikuti perkembangan jaman dan harus disesuaikan dengan keadaan internasional.

Kita sudah mengetahui semua bahwa seorang pemandu sangat berperan dalam menarik antusiasme para peserta LKMM. Sepanjang pengalaman saya, materi yang disampaikan dalam LKMM Pra-TD maupun LKMM TD , semuanya hanya stuck dalam kamus KBBI. Tidak pernah saya temui seorang pemandu yang mampu membawa pesertanya berpikir secara global ke ranah Internasional. Apalagi melihat keadaan mahasiswa ITS yang rata-rata masih kurang mengerti tentang internasionalisasi.

Maka konsep yang saya tawarkan dalam kepemanduan berikutnya adalah dalam menyampaikan materi diusahakan menyinggung isu-isu nasional maupun internasional yang sedang diperbincangkan. Jangan hanya ditanyakan ketika screening saja. Pembahasan yang menyangkut manarejial misalnya, ada baiknya kita bandingkan dengan manarejial kita dengan manarejial di luar negeri. Perbedaan kebudayaan memungkinkan adanya perbedaan kebiasaan. Itu juga bisa membuka wawasan para peserta LKMM dan yang pasti lebih menarik. Selain manarejial juga ada bidang organisasi untuk LKMM TM dan diharpkan juga bisa lebih menambah wawasan daripada hanya membedah kamus KBBI.

Untuk penampilan visualnya, mungkin akan lebih menarik menggunakan video daripada menggunakan powerpoint. Dengan video, pemandu akan lebih memiliki kharisma karena musik dari video tersebut pasti akan mengiringi setiap kata-kata dari pemandu kepada peserta.

Itulah sedikit inovasi yang saya ajukan untuk kepemanduan berikutnya. Saya harap inovasi yang saya ajukan ini bisa menjadi rujukan demi terwujudnya tujuan dari dibentukknya kegiatan pelatihan ini .

Puspa Devita M. P.

4312100015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: