Bangtan Sonyeondan (BTS),  K-Culture,  K-POP,  Uncategorized

AGUST D 2 “Daechwita” 대취타 – Mirip Drama Scarlet Heart Ryeo !

Hi Readersku tersayaang! Setelah 2 tahun hiatus ngeblog finally aku nulis lagi di blog ini huhu 😭  Dan pertama kali nulis, topiknya adalah LAGU BARUNYA BANG AGUS NIHHH –  “Daechwita” 대취타 💕 Ga nyangka di tahun penuh air mata ini, ada secercah kebahagiaan yang disumbangin Suga lewat Mixtape keduanya yeey.

Ada 5 poin penting yang aku dapetin setelah 3 kali nonton MV AGUST D-2 “Daechwita” 대취타 secara berulang (dan pastinya sambil tereak2 wkwk) :
1. Sengaja release D-2. Suga ngelakuin ini untuk mengejutkan penggemar.
2. Inti utama dari lagu ini : NYERITAIN PERJALANAN HIDUP SEORANG SUGA. Gimana perjuangan dia dari titik 0, sampai ke titik tertinggi kehidupan yaitu menjadi penguasa (raja).
3. SUGA pengen menghibur penggemar lewat MV ini (dilansir dari wawancara Billboard). Kebukti kan dia masukin Jin & Jungkook sebagai cameo di MV ini. Ngakak ga kalian ? Jujur deh ! wkwkkw
4. Gabungan traditional + modern culture bener-bener kental dalam MV ini. Kebukti ada pedang, ada pistol. Trus ada juga mobil nyasar di depan istana wkwkkw.
5. MV ini punya vibes yang mirrripppp banget sama latar Scarlet Heart Ryeo yang dibintangi IU

Jujur pertama kali nonton video ini, aku merasa Suga dandan mirip Kera Sakti wkwkkw. Buat kalian anak 90an, pasti ngerti dong yah tokoh Kera Sakti ? Karena selama ini yang aku tau, RAJA itu rambutnya item. Kecuali raja2 Eropa. Masih gapaham juga kenapa Suga harus mengecat rambutnya dengan warna pirang saat berperan sebagai Raja. Tapi mau diapa2in teteeupp tamvan 🙂

Kedua, aku merasa MV ini tuh muirriiiiiipppp banget sama latarnya drama Scarlet Heart Ryeo. Apalagi pas tau wajah Suga ada bekas luka sayatan, yang beneran mirip sama kondisi Pangeran Wang So yang akan dinobatkan sebagai Raja Goryeo. Hayo, nyadar gak kalian ?

7d3ce8d52303ca567f075da8153c17b1
Bekas Luka Pangeran Wang So

Tau gak, kalo Pangeran Wang So itu jatuh cintanya sama Hae Soo , yang diperankan oleh IU. Eh barusan, Suga habis duet dan ngeproduserin lagunya IU. Jungkook menangis baca ini 🤣. (becanda gengs)

Nah, di Twitter ada juga yang menunjukkan hasil analisanya (cielah, abis ini bikin jurnal Elsevier).

100577117_545567269453483_2108970243958100432_n

Thread ini juga mirip sama kisahnya Pangeran Wang So yang ditentang rakyatnya saat akan diangkat menjadi raja karena dia memiliki bekas luka di wajahnya. Dan akhirnya bekas luka itu berhasil disamarkan oleh Hae Soo (IU) dengan menggunakan bahan2 tertentu (kosmetik jaman dulu lah ceritanya…) Waa keren banget ya vibesnya bisa samaa gitu. Im so happy karena drama Scarlet Heart Ryeo adalah favoriiittku banget.

Oke, sekarang coba bahas arti dari “Daechwita” 대취타. Kalau kalian search di Google translate, arti yang keluar adalah “A bad blow“. Tapi, arti sesungguhnya dari Daechwita yang dimaksud Suga adalah genre musik tradisional Korea yang menggunakan alat musik perkusi. Musik ini biasanya digunakan dalam upacara tradisional Korea untuk mengiringi seorang Raja saat berjalan. Keren kan ?

Dengan menggunakan Daechwita, elemen Korea akhirnya menjadi komponen penting dalam MV ini secara alami ,” ujar Suga dalam wawancaranya bersama TIME. Mantap nih. Seketika aku jadi inget Weird Genius, yang bikin lagu LATHI. Sama geniusnya kaya Suga. Setuju ga ?

3a2d04cb64dfd4a2838a1cba74900a13
Ilustrasi 대취타 Daechwita

Sebenernya inti dari segala inti , lagu ini dibuat SUGA untuk menceritakan perjalanan hidupnya dari 0 sampai sukses seperti sekarang. Ga beda jauh sama arti mixtape yang pertama (tahun 2016 lalu). Sama2 digunakan untuk pembuktian ke orang-orang bahwa, “This is me ! Shut up you hatters!”

Lalu coba kita sambungin ke thread sebelumnya bahwa orang yang memiliki bekas luka tidak bisa menjadi Raja. Dalam hal ini, Suga membahas dunia musik. Inget kan dulu Suga mendapat banyak hujatan sebelum seperti sekarang, looks like someone who has a scar. Bahkan dulu Suga sempat menderita OCD. Mirip seperti luka kehidupan bukan ?

Tapi lihat sekarang… Suga selalu memecahkan tangga lagu. Baik itu bersama BTS, duet dengan artis lain, maupun mixtape sendiri. Suga juga termasuk artis yang dibilang “kaya”, karena memiliki BLACK CARD. Ia juga sudah terdaftar sebagai produser di Korea Selatan. Ga main main kan karirnya dia di dunia musik ? Singer, rapper, dancer, song writer, producer, apalagi ? Thumbs up lah buat bang SUGA. Ditunggu punya label / perusahaan musik sendiri ya mas wkkwkw.

Oke terakhir, sebenernya mixtape ini tuh rencananya dirilis beberapa bulan lagi. Tapi Suga nemuin “mood” nya buat nyelesein 10 lagu di album mixtape ini selama masa karantina pandemi covid 19. Akhirnya bisa selesai lebih cepat dan langsung rilis. (TIME) Gilaaaa. Apa kabar diriku yang rebahan mulu kerjaannya selama karantina 🤣🤣🤣

Oke sekian dulu ulasan analisa lagu AGUST D 2 “Daechwita” 대취타 yaa. Semoga artikel ini bisa menyemangati kita semua supaya tidak mageran selama karantina hihi.

Anyway, thanks a lot buat kalian yang bacain artikel aku tentang Pied Piper (sampe di repost sama Bangtanroomid). Aku ga nyangka respon kalian sebagus itu. Buat yang belum baca, bisa cek di Speechless : Arti Lagu BTS ‘Pied Piper’ Bener-Bener Nampar Fans Secara Halus !

Kalau kalian suka sama artikel ini..yuk di-like, share, dan jangan lupa subscribe blog www.devlabeauty.com supaya kalian ga ketinggalan postingan aku selanjutnya.

SEE YOU ON MY NEXT POST ❣️

devlabeauty.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: