K-Culture

8 ALASAN KAMU TIDAK PERLU DATANG KE KOREA (?)

Nah loh ? Artikel ini mungkin akan membuatmu bertanya-tanya. Bagi beberapa orang, Korea adalah negara impian yang patut dikunjungi. Hal ini seiring dengan Hallyu (gelombang Korea). Eits, tapi tidak selamanya loh. Berikut adalah delapan alasan kamu tidak perlu menginjakkan kaki di Korea!

1. Makanan
Makanan Korea memang memiliki ciri khas sendiri dan banyak yang menarik perhatian. Tapi, jika kamu tidak bisa memakan atau tidak mau makan daging, memiliki masalah dengan makanan pedas, berkunjung ke Korea akan menjadi hal yang sangat sulit untukmu.

Image result for spicy food korean
Kebanyakan Makanan Korea Mengandung Daging dan Terasa Pedas

2. Alkohol
Pertama, Jika kamu orang yang tidak bisa atau tidak suka meminum alkohol, Korea akan menjadi negara yang akan sulit kamu tinggali. Absolutely! Alkohol adalah minuman yang sangat penting di Korea, bahkan sering digunakan untuk beberapa kepentingan sosial dan pergaulan. Di beberapa perusahaan besar di Korea, para karyawan biasa keluar untuk minum bersama. Kebiasaan ini dinamakan “Hweshik Culture”. Dan, jika kamu ingin hangout bersama teman-teman (asli Korea), mereka biasa mengonsumsi beer dan soju (alkohol khas Korea).

Image result for soju
Soju, Alkohol Khas Korea
Image result for hweshik
Hweshik Culture

Kedua, jika kamu adalah peminum yang tidak bisa mengontrol jumlah alkohol yang kamu konsumsi, just dont come too! Yap, kamu akan mempermalukan dirimu sendiri, mempermalukan teman-temanmu, dan akan dicap sebagai orang asing yang memiliki kebiasaan buruk.

Ketiga, jika kamu orang yang mudah mabuk dan tidak bisa menahan dirimu ketika meminum alkohol, jangan pernah datang ke Korea karena mungkin saja kamu akan merusak atau memporak-porandakan cafe di sana. And yeah, kamu akan menjadi pusat perhatian di sana.

3. Cuaca
Its get HOT, guys! Udara di Korea juga sangat lembab. Jadi, jika kamu berjalan, kamu akan merasa seakan ingin melompat ke kolam renang wkwk. And…. Its also get COLD! Angin dingin, es, salju, sleet (hujan yang bercampur salju), kamu akan merasakan itu semua. So, jika kamu adalah tipe orang yang sulit beradaptasi cepat dengan temperatur udara yang ekstrim, dont come ! (Catatan : Musim panas dan musim dingin di Korea adalah musim paling panjang. Musim gugur dan musim semi sangatlah pendek, bahkan bisa hanya 2 minggu saja!)

Image result for winter korea
Musim Dingin di Korea

4. Keramaian
Seoul adalah kota dengan jumlah penduduk sekitar 10 juta jiwa. Jelas, kota tersebut menjadi lebih crowded. Nah, buat kamu yang mudah kesal saat seseorang menabrakmu tanpa sengaja atau mungkin mendorongmu di keramaian, dont come to Seoul ! Kamu bahkan akan sering dipepet oleh 2 orang bertubuh besar seperti sandwich *hehehe

Image result for crowded seoul
Keramaian di Salah Satu Shopping District, Seoul

5. Attention
Jika kamu orang yang tidak suka diperhatikan, pemalu dan semacamnya, jangan pernah membeli tiket ke Korea. Orang-orang non-Asia Timur biasanya memiliki kepribadian seperti ini. Tapi, jika kamu adalah orang yang sesuai dengan standar kecantikan orang Korea (kalaupun tidak sesuai, asalkan kamu orang yang pede), silahkan datang. Bagi kamu yang memiliki wajah dengan standar kecantikan orang Korea, kamu akan mendapat banyak attention di sana. Kamu bahkan akan menjadi mini-selebriti. Sebaliknya, jika kamu memiliki fisik yang tidak sesuai dengan standar kecantikan masyarakat Korea, kamu mungkin akan merasa sulit untuk bertahan di negeri Ginseng tersebut. Penasaran dengan beauty standard masyarakat Korea? :p

6. Kamu adalah Orang yang Sensitif
Jika kamu orang yang sensitif, kamu mungkin tidak akan betah tinggal di Korea. Masyarakat di sana bisa dibilang sangat kritis dan blak-blakan. Beberapa kritikan mereka bahkan mungkin akan menyakitimu. Misal, mereka akan berkata blak-blakan saat kamu terlihat semakin gendut. So, if you’re really really sensitive or you care a lot about what other people think of you even if they’re strangers, you probably shouldnt come 🙂 

7. Kamu adalah Orang yang Mudah Mengeluh
Now, if you’re a chronic complainer, you better not come there. Kamu memiliki masalah dengan negara asalmu ? Ingin kabur ke Korea ? Korea bahkan bisa menjadi negara yang lebih buruk dari negara asalmu. Kamu mungkin akan mengalami culture shock. Hanya ada 2 hal yang bisa kamu lakukan, diam dan beradaptasilah, atau kamu akan merasa tersiksa wkwkwk :p

8. Kamu adalah Orang yang Berpikir “English is Number 1
Meski kamu adalah orang yang super duper jago Bahasa Inggris, Korea is not the place for you. Di sana, Bahasa Inggris tidak sepenting yang kamu kira. Mereka tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Mereka hanya menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang asing atau saat mereka menghadiri pertemuan bisnis internasional. Faktanya, bahasa kedua masyarakat Korea adalah bahasa Mandarin, bukan Bahasa Inggris.

Yap, jadi itulah 8 alasan kamu tidak perlu datang ke Korea. Eits, tapi tulisan ini bukan berarti mempengaruhimu bahwa Korea adalah negara yang buruk yaa! 8 alasan di atas hanya berlaku untuk orang-orang tertentu, karena tidak semua orang memiliki kepribadian yang sama. Misal kamu suka minum teh hangat, aku suka minum teh dingin wkwkkw (well, ga sesederhana itu sih :p).

Sumber : BapMokja and Haeppy Youtube Channel

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: