Beauty Talk

Kebiasaan Ini Bisa Bikin Bibir Kamu Menghitam Loh !

Punya bibir yang gelap emang nyebelin. Bisa sih dikasih lipstik. Tapi kan ga mungkin terus-terusan pake lipstik. Kita pasti juga pengen β€œI woke up like this” dengan bibir yang bersemu-semu warna pink atau bahkan kemerahan. Nah kalo bibirnya gelap kan kesannya kucel banget. Untuk mengatasinya, kita harus tahu dulu kenapa warna bibir kita menggelap. So, apa aja sih penyebab yang bisa bikin bibir kita menghitam ?

1. KEKERINGAN. Faktor kekeringan juga macem-macem. Bisa karena terkena sinar matahari atau AC terus-terusan, kurang minum air putih, dan tidak rajin merawat bibir. Penggunaan lipstik secara terus menerus juga menjadi salah satu faktor lainnya. Apalagi lipstik dengan tekstur matte dan saat memakainya kita tidak memakai lipbalm. Bibir yang kering akan membuat warna bibir menjadi dull, dan kalau dibiarkan terus-terusan bisa membuat bibir terlihat menggelap.

2. SERING TERPAPAR SINAR MATAHARI. Sama seperti kulit kita, bibir yang terekspose sinar matahari terus-terusan bisa menimbulkan noda-noda gelap di bibir.

3. MEROKOK. Lifestyle choice yang satu ini juga bisa menjadi faktor penggelapan bibir. Bagi perokok, umumnya bibirnya mengalami penggelapan. Biasanya di outer ring of the lips, atau bahkan di bagian inner. Kondisi ini disebut melanosis.

merokok
Kebiasaan merokok sebaiknya dihindari ya guys. Karena kecantikan juga berhubungan dengan kesehatan πŸ™‚

4. ALKOHOL. Selain merokok, ternyata sering minum alkohol juga bisa membuat bibir kita menghitam.

5. MEMAKAI LIPSTIK TERUS MENERUS TANPA DIBERSIHKAN. Kalau kita malas membersihkan sisa-sisa lipstik, maka kebiasaan ini akan menyebabkan hyperpigmentation pada bibir karena sisa-sisa pigmen lipstik menempel di bibir kita. Jadi emang wajib banget buat kita untuk membersihkan lipstik sampai bener-bener terangkat semuanya.

6. KONDISI KESEHATAN YANG KURANG BAIK. Ada beberapa kondisi kesehatan atau penyakit yang juga membuat bibir kita menghitam. Salah satunya adalah anemia. Anemia biasanya memang terjadi karena kadar hemoglobin di tubuh kita kurang. Kadang-kadang, efeknya ke bibir. Bibir yang awalnya cenderung merah, bisa jadi lebih pucat. Bahkan di sebagian orang, warnanya menjadi kebiruan atau kehitaman.

7. FAKTOR GEN. Setiap orang punya skin tone yang berbeda-beda. Biasanya, kalo orang yang skintone-nya gelap, warna bibirnya cenderung lebih gelap. Sebaliknya, orang dengan skintone fair, bibirnya otomatis warnanya lebih terang. Nah, kondisi ini tidak bisa diubah karena memang dari sananya sudah seperti itu. Yang bisa dilakukan adalah menjaga bibir agar tetap sehat supaya warnanya tidak tambah gelap.

So, itu tadi 7 penyebab yang bikin bibir kita mudah menghitam. Intinya, bibir sama seperti kulit kita, butuh perawatan juga πŸ™‚ Thanks 4 reading and feel free to share your thought in comment column below πŸ™‚

SEE YOU ON MY NEXT POST

devlabeauty.com

Source : Affi Ashegaf – Female Daily (Youtube)

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: