Thoughts

2019, Tahun yang PAS untuk Memulai Bisnis Online

Hi ! Welcome back to my blog ! Kali ini aku pengen banget ngobrolin soal bisnis. Karena emang dari sejak SMA , aku udah sering banget bergelut di dunia bisnis.

Aku termasuk salah satu dari sekian banyak manusia di bumi yang bermimpi jadi seorang pebisnis. Itulah kenapa, sejak SMA aku sudah mencoba berbagai macam bisnis. Mulai dari jualan biasa, sampai bergabung menjadi member MLM. Dan so far nih ya, keberhasilan bisnis yang pernah aku jalanin sampe sekarang emang bergantung sama 2 hal, yaitu motivasi kita dalam memulai bisnis dan bagaimana kita memahami target pasar yang sesuai dengan produk yang akan kita jual. Jika salah satu dari 2 hal tadi tidak maksimal, bisa-bisa perjalanan bisnis bakal melambat, atau bahkan berhenti. Modal sih nomor sekian (berdasarkan pengalamanku).

Kenapa motivasi menjadi hal yang mendasar banget dalam perjalanan bisnisku ? Ya karena berdasarkan pengalaman, ketika aku ga punya tujuan yang jelas dalam pengembangan bisnis, maka aku akan mudah lelah dalam menjalaninya. Apalagi ketika timbul berbagai hambatan. Sebagai contoh, dulu ketika pertama kali aku berjualan di SMA, aku punya cita-cita membeli laptop dengan uangku sendiri. Lalu aku berinisiatif untuk berjualan kaos seharga Rp 15.000 di sekolah. Tapi karena budget uang saku anak SMA pada 2009 kebanyakan masih di bawah Rp 10.000, akhirnya jualanku ga laku. Akhirnya aku harus merelakan uang modalku terbuang percuma karena tidak sampai setengah jualanku terbeli. Meski demikian, keinginan bisnisku masih terus menggebu-gebu, karena aku punya tujuan, yaitu membeli laptop, meskipun harus kredit.

Gak kehabisan ide, akhirnya aku berani meminta bantuan orang tuaku yang saat itu memang memiliki toserba. Aku meminjam sebagian barang dagangan mereka yang berupa makanan kecil untuk selanjutnya aku jual di sekolah. Karena harga sesuai dengan kantong anak SMA dan return-nya lumayan cepat, aku pun bertahan di bisnis ini sampai aku lulus SMA. Bahkan, aku terus menambah jumlah daganganku dan menggunakan hasil jualan sebagai modal untuk berinvestasi di bisnis MLM. Di tahun kedua, akhirnya aku berhasil mencicil laptop sendiri.

Berbeda ketika aku tidak ada motivasi sama sekali. Sebagai contoh, ketika aku lulus kuliah, aku sempat menjalani bisnis jilbab bersama temanku. Niat awalku hanya mengisi kesibukan dan menambah penghasilan. Karena tidak memiliki tujuan yang jelas, tidak sampai setengah tahun, akupun memutuskan untuk berhenti menjalani bisnis ini. Apalagi aku belum begitu mengerti tentang target pasar secara online. Sempat kepikiran untuk menggunakan fitur iklan di Facebook dan Instagram. Karena setauku, iklan di Facebook memang sudah disesuaikan dengan target pasar yang kita inginkan. Namun, proses pembayaran iklan yang begitu rumit membuatku dan partnerku akhirnya sempat down. Apalagi saat itu kita sama-sama belum bisa mendapatkan bahan baku yang benar-benar murah dan returnnya sangat rendah sekali. Mungkin karena bukan bahan makanan. Di sinilah awal mula kenapa aku bilang bahwa target pasar sangatlah berpengaruh terhadap penjualan, apalagi online.

Kabar baiknya, di tahun 2019 ini sudah banyak B2B marketplace baik buatan luar dan dalam negeri. Salah satunya adalah Ralali.com yang merupakan platform atau pelantar yang menghubungkan perusahaan besar dengan perusahaan kecil, atau istilahnya business-to-business (B2B). Menurutku ini juga bisa jadi pijakan para pengusaha online yang masih kecil atau rintisan untuk mendapatkan supplier.

Masih ingat bisnis pin konveksi yang dulu pernah viral ? Sekarang, buat kalian yang pengen banget bergelut di usaha online dengan mendapatkan supplier dengan harga yang lebih murah, bisa menggunakan Ralali.com. Tidak perlu lagi yang namanya membeli pin konveksi karena di marketplace B2B ini, kita bisa benar-benar dipermudah dalam mencari distributor online.

Untuk itulah, di tahun 2019 ini aku bener-bener pengen melakukan resolusi bisnis, dengan lebih fokus pada penjualan online. Karena saat ini para influencer juga banyak bergelut di dunia online, baik itu di Instagram maupun di Youtube. Poin plusnya lagi, banyak paltform bisnis yang bisa bantu penjualan kita. Ga perlu bayar kaya sewa toko di mall. Bahkan, tanpa modal pun, kita bisa memulai bisnis dengan sistem dropship, tinggal bagaimana kita mempromosikannya menjadi lebih menarik daripada supplier kita.

Tapi kalo kalian udah punya modal, bisa kok langsung menjadi pusat grosir online, pastinya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan pasaran ya. Nah, buat kalian yang sudah siap menjadi distributor online, bisa langsung memanfaatkan Ralali.com untuk mendapatkan reseller. Karena di platform inilah biasanya reseller akan mencari distributor online.

Intinya, bisnis di tahun 2019 menurutku akan menjadi lebih mudah dengan perkembangan digital yang terus melejit. Tahun ini, hampir semua hal dilakukan secara online.

Naik taxi pesannya online ✔️
Makan pesannya online ✔️
Belanja popok, susu formula juga online ✔️
Bayar listrik, asuransi, pulsa semua lewat online ✔️
Denger musik streaming online ✔️
Nonton film juga streaming online ✔️
Baca buku & berita bisa lewat online ✔️

Bisa dibayangkan, target pasar terbesar di tahun ini adalah lewat dunia maya !

Nah, menggeluti bisnis online di tahun 2019 juga ga bisa asal-asalan karena sudah semakin banyak pesaing. Jadi ga cuma target pasarnya aja yang bertambah, pesaingnya juga. So, we have to be creative !

Salah satu contoh sederhana adalah desain banner toko, dan foto produk. Jika banner toko kita bagus, fotonya HD, enak dilihat, pasti orang-orang juga makin percaya untuk mampir ke toko kita. Selanjutnya adalah logo toko. Logo toko ini biasanya dipasang pada foto produk yang akan kita upload di marketplace online ataupun sosial media. Ini tentang membangun kepercayaan konsumen. Karena di dunia maya, konsumen ga bisa memegang dan melihat barang secara langsung. Intinya banyak banget PR buat membangun bisnis online di tahun 2019. So aku bener-bener excited kali ini untuk kembali membangun bisnis. Apalagi di usiaku yang 24, sudah saat nya mengumpulkan modal untuk menikah. Semoga motivasi ini bisa menjadi penggiring yang bagus buat aku dalam menjalani bisnis juga. Apalagi sudah didukung dengan kemudahan teknologi, dan banyak juga marketplace online yang bisa bantu penjualan kita, salah satunya Ralali.com. Yuk yang mau mulai bisnis , bisa dicoba mulai sekarang yah ✌🏽

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: