koreanskincareroutine
Beauty Talk,  Cosmetics Review (Import),  Cosmetics Review (Local)

10 Skin Care Steps Ala Korea yang Murah

Hi Beauties ! Di postingan kali ini aku bakal bikin beberapa tips dan skin care routine ala Korea yang gampang dan ga bikin kantong kering. Kenapa ? Karena kosmetik Korea itu mahal dan sulit dicari. Belum ada perusahaan kosmetik Korea yang beroperasi (punya pabrik sendiri) di Indonesia. Kalo pun ada yang dijual di mall, itu masih produk impor karena diproduksi di Korea. Jadi, tulisan ini aku buat untuk bantu kalian yang pengen nerapin 10 skin care step ala Korea tapi masih terhitung murah.

Sebelumnya, aku mau jelasin dulu kenapa 10 skin care steps ini penting banget buat kulit, terutama wajah. Jadi gini, salah satu rahasia kulit sehat cewek-cewek Korea adalah LAYERING. Layering adalah penggunaan skin care yang berlapis-lapis. Berbeda sama penerapan skin care Indonesia yang umumya suka serba instan. Kebiasaan orang Indonesia yang suka serba instan terlihat dari banyaknya perusahaan kosmetik lokal yang menerbitkan (ciee menerbitkaan…kek majalah ae T.T) atau memproduksi produk two in one lah, three in one lah, all in one lah, pokoknya serba in one deh. Pernah nyadar ga ? wkkw

Image result for sariayu 2in1

Salah satu contohnya adalah pembersih Sariayu Aromatic All in One di samping. Mungkin ini bagus dipakai dalam kondisi tertentu seperti saat sedang travel, atau pas lagi keburu-buru. Tapi, step seperti ini seharusnya tidak diterapkan tiap hari karena pembersih all in one kurang efektif membersihkan, apalagi jika kita menggunakan make up.

So, apa aja sih 10 Steps Korean Skincare Routine itu ?

Screenshot_2017-10-04-11-24-16

Nah, dari gambar di atas, kita tahu kalo ternyata 10 steps itu ga diterapin untuk setiap skin care routine kita. I mean, kita ga harus langsung pakai 10 produk untuk morning skin care routine kita. Begitu juga dengan night skin care routine. Misalnya, penggunaan sheet mask yang ga mungkin kita pake pagi dan malam. Bahkan dianjurkannya 2 hari sekali. So lets check it out !!

1. REMOVE MAKE UP
(Garnier Micellar Cleansing Water)

Ini adalah step paling penting di malam hari karena wajah kita harus bersih dari segala macam make up sebelum tidur. Kalaupun kita ga pakai make up, kita juga tetap harus memastikan wajah kita bersih dari berbagai macam polusi dan debu. Selain dengan micellar water, kalian bisa juga kok pakai make up remover. Tergantung kulit kalian cocok yang mana.

Image result for garnier micellar water

Made in : Indonesia
Where to Buy :
Supermarket, minimarket, or drugstore
Price : 
IDR 35K 
How to Use :
Pakai sebelum cuci muka. Aplikasikan menggunakan kapas ke wajah dengan lembut sampai sisa kotoran di wajah hilang. 

Kenapa aku pilih micellar water ?
Karena micellar water adalah kosmetik water based sehingga lebih ramah dan lembut di kulit. Saat membersihkan, kita juga tidak perlu menggosok terlalu kasar di kulit wajah.

Kenapa aku pilih merk Garnier ? Karena semuanya serba pas. Volumenya, harganya, dan kemasannya. Aku bersyukur banget pas Garnier ngeluarin series micellar water versi “ekonomis” ini. Sebelum merk Garnier ini muncul, harga produk micellar water mahal banget loh. Micellar water dipopulerkan pertama kali oleh merk Bioderma yang harganya amit-amit wkwkkw. Sebotol bisa lebih dari IDR 200K. Sementara Garnier ini harganya murah, cuma sekitar IDR 35K aja. Selain karena volume yang lebih sedikit, performa Garnier emang ga sebagus Bioderma. Tapi tetep worth it ketimbang make up remover karena ingredientsnya lebih ramah di kulit dan performanya lebih bagus. Jadilah aku pilih Garnier <3

Perbandingan harga dengan produk Korea Lainnya :
Untitled

ps : produk first cleanser yang lagi populer di Korea adalah produk-produk yang berbahan dasar minyak atau balm, karena sangat lembut di kulit sehingga memperkecil potensi iritasi. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan micellar water ataupun make up remover.

Untuk make up removing, biasanya cuma aku pakai di malam hari. Untuk pagi hari aku biasanya langsung ke tahap cleansing.

2. CLEANSING
(Wardah White Secret Facial Wash)

Setelah wajah kita dibersihkan, step selanjutnya adalah mencuci muka. Di step ini, aku pakai Wardah White Secret Facial Wash. Kenapa ? Karena murah, lembut di kulit, wanginya menenangkan dan mengandung natural AHA sehingga hasilnya bersih banget di kulit.

Image result for wardah white secret facial wash

Made in : Indonesia
Where to Buy :
Supermarket, minimarket, or drugstore
Price : 
IDR 35K 

Perbandingan Harga dengan Produk Korea Lainnya :

untitled11.jpg

3. EXFOLIATE
(Wardah White Secret Exfoliating Lotion)

Setelah membersihkan wajah, ada satu step cleansing terakhir yang ga boleh dilewatkan, yaitu exfoliating. Karena saat siang aku pakai make up, jadi aku harus memastikan kalau kulit aku bener-bener bersih. Exfoliating bakal ngebantu kita buat mengangkat sel-sel kulit mati yang tersisa dengan kandungan AHA dan BHA. Exfoliating lotion ini cuma aku pakai di malam hari yah. Kalian boleh pakai setiap hari atau kapanpun kalian mau.

20170523_201437_mh1495544512970

 

Made in : Indonesia
Where to Buy :
Supermarket, minimarket, or drugstore
Price : 
IDR 75K 

 

Kenapa Wardah ? Alasan pertama udah pasti harga. Prinsip utamaku untuk beli skincare adalah tidak spending banyak uang untuk cleansing dan exfoliating yang dipakai untuk harian. Jadi aku bersyukur banget Wardah ngeluarin Exfoliating Lotion, di mana masih sedikit merk lokal yang ngeluarin produk serupa. (selengkapnya baca : Review Wardah White Secret Exfoliating Lotion)

Perbandingan Harga dengan Produk Luar Negeri Lainnya :

Untitled6

 

4. TONER
(Etude House Toning White C Clean Toner)

Ada banyak versi tentang fungsi penggunaan toner seperti menghidrasi, menyiapkan kulit kita agar bisa menyerap kandungan-kandungan aktif dari emulsion, serum, dan krim yang bakal kita pakai di step selanjutnya.

Coba bayangkan kulit kita sebagai spons pencuci piring. Spons bakal sulit menyerap sabun dan menghasilkan busa jika dalam kondisi kering. Berbeda jika spons sudah dibasahi dengan air. Begitulah cara toner bekerja. Selain itu, toner ini juga menyeimbangkan pH kulit kita yang sudah terkena sabun pencuci muka sebelumnya.

Karena kinerjanya sebagai booster, otomatis kita ga bisa langsung lihat hasil di wajah kita hanya dengan penggunaan toner.

Image result for etude house white toning toner


Made in :
South Korea
Where to Buy :
Etude House Store / Online store
Price :
Approx IDR 300K 

 

Kenapa Etude House ? Untuk hydrating toner aku sengaja beli yang “sedikit mahal”. Karena sifatnya yang menghidrasi, otomatis zat-zat di dalam toner bakal meresap lebih banyak ke kulit. Dan aku sengaja memilih toner yang punya double effect seperti shooting atau brightening. Sebelumnya aku juga pakai toner dengan fungsi serupa tapi dari merk Chica Y Chico. (selengkapnya baca : Review Chica Y Chico Skin Texture Toner).

Perbandingan Harga dengan Produk Korea Lainnya :

Untitled3

5. ESSENCE
(Wardah White Secret Pure Treatment Essence)

Skin care pertama sebenernya dimulai dari step ini. The heart of the Korean Skin Care Routine ! Fungsi essence hampir sama dengan toner, tapi biasanya memiliki lebih banyak bahan aktif. Essence membantu menghidrasi dan meregenerasi sel kulit kita.

Made in : Indonesia
Where to Buy :
Supermarket / Mall
Price :
Approx IDR 140K

Essence Wardah ini sebenernya sama aja harganya hampir sama dengan produk Korea lainnya. Standar di atas IDR 100K. Tapi aku pilih Wardah karena gampang dicarinya dan ada efek brighteningnya. Kalau produk Korea, biasanya yang ada efek brighteningnya harganya di atas IDR 150K.

Perbandingan Harga dengan Produk Korea Lainnya :

Untitled4

6. SERUM
(Wardah White Secret Serum dan Wardah C Defense Serum)

Serum adalah tahap penyempurnaan kulit yang paling ideal. Setelah menggunakan essence, kulit kita bakal lebih siap menghadapi berbagai skin care yang mengandung lebih banyak bahan aktif, yaitu serum. Tujuan utama penggunaan serum adalah menyelesaikan berbagai macam permasalahan utama kulit seperti pori-pori wajah yang besar, jerawat, pigmentasi, dan kulit kusam.

Di tahap ini aku masih setia dengan produk Wardah. Sekali lagi, karena aku berusaha meminimalisir harga wkwk. Wardah White Secret Serum aku pakai di malam hari dan Wardah C Defense Serum aku pakai di pagi hari. As we know, Wardah White Secret Serum mengandung AHA yang bagus dipakai di malam hari dan “ga berguna” kalau dipake pagi atau siang hari wkwk.

Wardah White Secret Intense Brightening EssenceImage result for wardah serum c

Made in : Indonesia
Where to Buy :
Supermarket / Mall
Price :
Approx IDR 79 – 89K

Perbandingan Harga dengan Produk Korea Lainnya :

Untitled5

7. EYE
(Milky Dress)

Saat ini aku masih pakai produk Milky Dress dari Korea. Sayangnya, efeknya kurang kerasa dan sampai sekarang aku belum nemu pengganti eye cream yang bagus. Daerah mata ini sebenernya masalah serius buat aku karena aku punya dark circle yang langsung keliatan kalo begadang. Dan saat ini, kerjaanku menuntut untuk begadang mulu T.T (lah malaah curhat).

Next, aku mau coba eye cream dari L’oreal. Sayang, harganya masih mahal huhu. Jadi mo nabung dulu deh wkwk. Next bakal aku update lagi aku pilih produk apa. Buat kalian yang punya saran, bisa komen di kolom komentar yaa 🙂

8. MASK
(COSRX Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask)

Ada tiga macam masker yang sering aku pakai yaitu sheet mask, sleeping mask, clay mask, peel off mask, dan organic mask (bentuk powder). Sheet mask dan sleeping mask aku pakai di malam hari sebelum tidur. Sedangkan clay mask, peel off mask, dan nature mask di pagi hari sebelum cuci muka, karena ketiga masker tersebut harus dibilas.

Sheet mask aku pakai sekitar 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Kalau mau hasil yang lebih bagus, bisa dipakai 2 hari sekali. Nah kalau sleeping mask, aku pakai tiap hari (saat ga pakai sheet mask).

Sleeping mask yang aku pakai adalah merk Korea, COSRX. Kalian pasti udah pada tau kan ? COSRX adalah salah satu produk Korea yang lagi booming meski belum ada store resmi di Indonesia. Aku udah hampir setahun pakai produk ini dan hasilnya kulitku jadi kelihatan lebih sehat 🙂 Sayang, aku belum nemuin produk Indonesia untuk seri sleeping mask.
Related image
Made in : South Korea
Where to Buy :
Online Shop, Sociolla, etc.
Price :
Approx IDR 190K

Perbandingan Harga dengan Produk Korea Lainnya :

Untitled7

Untuk sheet mask, aku pakainya random. Sa nyoba sheet mask yang baru-baru. Lagipula buatan Korea dan Indonesia harganya sama aja. Sekitar IDR 20K per sheet. Tapi untuk produk Korea, juga ada yang di atas IDR 300K per sheet wkwkkw. Warbiasah ^^

Begitu juga clay mask, organic mask, sama peel off mask. Random. Se-nemu-nya di mall atau di online shop. wkwk. Untuk saat ini, aku pakai L’Oreal Pure Clay Mask (IDR 150K), Masker Organik CRUSH seri Milk (IDR 50K), dan Vienna Face Food Mask Peel Off (IDR 8K / Sachet).

Untuk skin care routine pagi, aku ga pakai masker tiap hari. Soalnya pas malem kan udah pakai tiap hari tuh. Untuk pagi hari, aku biasanya pakai 2 atau 3 hari sekali. Trus aku gilir deh tuh clay mask, organic mask, sama peel off mask nya. Pokoknya seminggu bisa kepake tiga – tiganya wkwkkw.

Untuk malam hari, mask adalah step terakhir karena cream moisturizing tergantikan oleh sleeping mask dan sheet mask yang aku pakai sampai tidur.

9. MOISTURIZING
(Garnier Light Complete White Speed Serum Cream)

Moisturizing cream aku pakai untuk skin care routine pagi aja. Sebenernya produk ini ga bikin kulit kerasa moist. Pake ga pake, rasanya sama aja. Tapi produk ini punya efek mencerahkan wajah secara instan karena aku lihat di cream nya ada partikel2 warna putihnya gitu. Aku juga sengaja pilih cream yang ga moist soalnya aku bakal pake make up kalo pagi. Jadi aku ga mau kulitku keliatan berkilau gitu mengingat Indonesia adalah negara tropis yang kotanya penuh polusi wkwk. Selain itu, cream ini muraaaah banget.
Image result for garnier white speed

 

Made in : Indonesia
Where to Buy :
Supermarket or Mall
Price :
Approx IDR 25K

 

Perbandingan Harga dengan Produk Korea Lainnya :

Untitled8

10. SUN CARE
(Wardah Sunscreen Gel)

Aku bener-bener suka banget sama sunscreen ini, karena mengandung Aloe Vera yang bisa menutrisi kulit juga. Kadar SPF nya juga cukup, yaitu 30. Ini juga step yang amat sangat pentiiiiiiing. Karena sebagus apapun skin care routine kita, kalau udah kebakar sinar matahari, sama aja bohong wkwk. Istilahnya, sunscreen ini tameng buat wajah kita. So jangan sampai di skip yaa…

Image result for wardah sunscreen

Made in : Indonesia
Where to Buy :
Supermarket or Mall
Price :
Approx IDR 25K

Perbandingan Harga dengan Produk Korea Lainnya :

Untitled9

Dari list produk di atas, kebanyakan aku mengganti produk luar/Korea dengan Wardah. Ya, karena murah dan lebih mudah didapatkan. Jujur, aku appreciate banget sama Wardah yang berhasil bikin banyak variasi produk sehingga bisa membantu kita-kita yang pengen nerapain 10 Korean Skin Care Step, tapi pake produk lokal dan murah. Sampai sekarang, brand yang menurutku lengkap emang baru Wardah hehe 👏🏽

Nah itu tadi 10 Korean Skin Care Step yang aku terapin setiap hari. Beberapa produk di atas hanya rekomendasi saja. Semua kembali lagi ke kulit kalian karena kulit wajah setiap orang beda-beda ya sis.

Semoga postingan ini bisa bantu kalian memilih merk produk yang tepat dan harga yang murah. Selamat mencoba 🙂 Thanks for reading and…

SEE YOU ON MY NEXT POST !

LOVE,PicsArt_07-28-02.19.08

21 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: